Skip to main content

Menuju Masjidil Aqsa : Wujudkan Impian Penuh Berkah Bersama Cheria Holiday

Masjidil Aqsa
(sumber: www.palestinalibre.org)
اَ تُشَدُّ الرِّحَالُ إِلاَّ إِلَى ثَلَاثَةِ مَسَاجِدَ مَسْجِدِ الْحَرَامِ وَمَسْجِدِي هَذَا وَالْمَسْجِدِ الْأَقْصَ

"Tidak disarankan melakukan suatu perjalanan kecuali menuju tiga Masjid, yaitu Masjid Al-Haram (di Mekkah), dan Masjidku (Masjid An-Nabawi di Madinah), dan Masjid Al-Aqsha (di Palestina)". (H.R. Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu).
Masjidil Aqsa, Palestina. Siapa yang tidak mendambakan suatu saat bisa berkunjung ke masjid ini, satu dari tiga masjid paling agung bagi umat Islam (Setelah Masjidil Haram dan Masjidil Nabawi). Setiap muslim di dunia mengimpikannya. Sungguh besar keberkahan yang Allah berikan kepada masjidil Aqsa. Bilamana kita shalat di dalamnya, maka akan dilipatgandakan pahala kita. Sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan oleh at-Thabrani dan al-Bazzar, Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa, “Shalat di Masjidil Haram dilipatgandakan pahalanya hingga 100 ribu kali lipat, sementara shalat di masjidku (Masjid Nabawi) dilipatgandakan 1.000 kali lipat, dan shalat di Masjidil Aqsa dilipatgandakan 500 kali lipat”.
Keberkahan shalat di Masjidil Aqsa
(Sumber: www.nu.or.id)
Tak hanya itu, Masjidil Aqsa beserta tanah Palestina juga merupakan tonggak sejarah dan perkembangan agama Tauhid Tempat ini turut menjadi saksi perjuangan beberapa generasi nabi dalam menegakkan agama Allah, seperti Nabi Daud, Nabi Sulaiman hingga Nabi Muhammad SAW.

Adapun beberapa keistimewaan besar lainnya  yang terdapat pada Masjidil Aqsa yaitu:

Kiblat pertama umat Islam
Masjidil Aqsa sempat menjadi kiblat pertama umat Islam dalam melaksanakan shalat, sebelum kemudian Rasulullah merubah posisi kiblat mengarah pada masjidil Haram di Mekkah.

Tempat keajaiban Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW
Isra Mi'raj merupakan salah satu peristiwa penting dalam agama Islam, dimana Nabi Muhammad melakukan perjalanan gaib dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa lantas naik kelangit ketujuh menemui Allah SWT dalam waktu semalam. Dalam kesempatan inilah Nabi Muhammad SAW menerima perintah shalat lima waktu.
Masjidil Aqsa menjadi lokasi peristiwa Isra Miraj
(Sumber: www.bersamadakwah.net)

Masjid kedua yang dibangun di atas bumi

Dalam hadist Bukhari dan Muslim disebutkan, Abu Dzar RA meriwayatkan bahwa ia bertanya kepada Rasulullah SAW tentang masjid pertama yang dibangun di muka bumi, Rasul menjawab : ''Masjid Al-Haram.'' Abu Dzar bertanya lagi, ''Selanjutnya masjid apa?'' Beliau menjawab, ''Masjid Al-Aqsa.'' Abu Dzar bertanya lagi, ''Berapa lama jarak pembangunan keduanya?'' Rasulullah SAW berkata, ''40 tahun.” Lalu Allah menjadikan bumi ini bagi kalian sebagai masjid. Oleh karena itu, kapanpun waktu shalat, lakukanlah shalat diatasnya, karena dia memiliki keutamaan.''

Bagi saya pribadi, Masjidil Aqsa dan Baitul Maqdis telah lama menjadi tempat impian yang ingin saya kunjungi (Setelah Masjidil Haram dan Nabawi). Selain demi melakukan perjalanan spriritual, kekayaan sejarah dan pesona ciri khas negeri ini amat menggugah hati saya. Ingin rasanya menjelajahi kota tua Jerussalem yang klasik, mencoba membayangkan kembali sejarah masa lalu yang telah dilaluinya.

Namun, pertanyaannya adalah apakah aman untuk berkunjung ke sana? Tentu saja mengingat konflik Israel-Palestina yang tiada kunjung berakhir. Kekerasan dan perebutan wilayah Palestina oleh rezim Zionis yang tiada henti. Bahkan, Masjidil Aqsa dan kota Jerussalem ikut dicaplok menjadi bagian wilayah mereka.

Dengan kondisi demikian, apakah mungkin kiranya bagi penziarah luar untuk mengunjungi Masjidil Aqsa? Masih besarkah harapan saya untuk menjejakkan kaki ke sana?

Konfik berkepanjangan Palestina-Israel
(Sumber: www.blog.act.id)
Penasaran, akhirnya saya mencari informasi di internet mengenai travel yang menawarkan perjalanan ziarah ke Masjidil Aqsa atau Palestina. Tentu saja keamanan dan kenyamanan menjadi faktor pertimbangan utama. Setelah menelusuri berbagai iklan perusahaan travel yang ada, akhirnya saya menjatuhkan pilihan pada Cheria Holiday, perusahaan travel yang menyediakan paket wisata religi dengan berbagai destinasi, termasuk Masjidil Aqsa.

Alasan saya memilih travel ini adalah karena telah berpengalaman di bidangnya. Cheria Holiday juga telah beberapa kali mengadakan tur ziarah ke Masjidil Aqsa, jadi sudah cukup untuk meredakan kekalutan saya. Selain itu, Cheria Holiday memiliki review yang positif dan mengakomodasi berbagai fasilitas yang dibutuhkan para wisatawan muslim.

Cheria Holiday, Spesialisnya Travel Wisata Islami

Cheria Holiday, spesialis tur wisata halal
(Sumber: www.cheria-travel.com)
+Cheria Halal Wisata Tour Travel  adalah perusahaan travel yang berkomitmen pada tour wisata halal baik dalam maupun luar negeri.  Cheria Holiday hadir untuk memenuhi kebutuhan muslim travellers selama perjalanan berwisata, seperti kemudahan mencari makanan halal dan menjalankan ibadah wajib. Tidak hanya paket wisata dalam dan luar negeri saja, Cheria Holiday juga menyediakan layanan tiket, hotel, visa dan kebutuhan perjalanan lainnya baik personal, corporate atapun grup.

Soal kualitas, tak diragukan lagi. Berdiri sejak tahun 2012, Cheria Holiday telah berpengalaman melayani ribuan wisatawan dan peziarah. Tiga komitmen utama mereka adalah 1) pelayanan terbaik, 2) harga bersaing, dan 3) garansi kepuasan pada pelanggan. Selai  itu, tiket Cheria telah terdaftar Agen IATA baik Domestik maupun Internasional, sedangkan Layanan Haji Plus dan Umroh Cheria telah terdaftar sebagi Agen Resmi Madinah Iman Wisata Cabang Jakarta dengan Izin Resmi Depag No. 118/2015 dan D/70/2015.

Beberapa penghargaan juga telah diraih oleh Cheria Holiday. Pada ajang kompetisi pariwisata halal nasional 2016, Cheria Travel memperoleh peringkat 3 terbaik dalam 2 kategori, yaitu biro perjalanan wisata halal terbaik dan website travel ramah wisatawan muslim terbaik.
Cheria Holiday raih award Travel Supporting Tour Muslim
(Sumber: www.cheria-travel.com)

Paket Tour Ziarah Masjidil Aqsa 2018 (Program Ziarah Jejak Rasul)

Dalam paket tur ini, Cheria Holiday menawarkan perjalanan wisata religi selama 11 hari mengunjungi tiga negara di Timur Tengah, yaitu Palestina, Jordan dan Mesir. Adapun tujuan utama perjalanan ini adalah berziarah ke Masjidil Aqsa.

Bersama Cheria Holiday, kita akan menjelajahi Bumi Para Nabi, mengunjungi berbagai destinasi religi, bersejarah serta menarik lainnya. Sebuah perjalanan ibadah yang kita harapkan dapat membuka mata hati kita untuk lebih dekat dengan-Nya.
Tur Ziarah Jejak Rasul
(Sumber: www.cheria-travel.com)
Berikut ini adalah rincian perjalanan Program Ziarah Jejak Rasul bersama Cheria Holiday:

Hari Pertama

(Tiba di Kairo)

Kairo adalah destinasi awal perjalanan kita. Pemberangkatan ke kota ini dijadwalkan pukul 14.50 WIB menggunakan penerbangan Oman Air. Setibanya di Cairo International Airport pukul 23.45 waktu setempat, kita akan bertemu guide dan melakukan proses imigrasi. Setelahnya kita diantar menuju hotel untuk beristirahat.
Kairo
(Sumber: www.snl.no)

Hari Kedua
(Berkeliling Kota Kairo)

Di hari kedua, kita akan mengelilingi kota Kairo seharian penuh. Tujuan pertama kita adalah berziarah ke makam Abu Abdullah Muhammad Ibn Idris al Shafi'i. Beliau adalah salah satu mufti besar Sunni Islam dan juga pendiri mazhab Shafi'i. Selesai berziarah, kita akan pergi melihat salah satu keajaiban dunia di Mesir, yaitu Pyramid, kuburan raja mesir kuno yang dibangun oleh 100.000  ribu pekerja. Selain pyramid juga terdapat Sphinx, yaitu patung singa berkepala manusia.
Piramida dan Sphynx
(Sumber: www.triphobo.com)

Perjalanan kita lanjutkan lagi dengan menuju Parfume Factory dan Papyrus, tempat kita bisa melihat langsung bagaimana proses pembuatan parfum dan dan papyrus. Break makan siang sebentar, kemudian kita akan pergi ke Egyptian Museum. Disinilah tempat penyimpanan berbagai mumi dan peninggalan para raja Mesir. Koleksinya yang paling terkenal adalah harta karun Raja Tuthankhamen.
Egyptian Museum
(Sumber: www.thetravellingsquid.com)
Usai melihat-melihat sejarah Mesir kuno, kita akan mengunjungi masjid al-Azhar dan Husein Mosque sekaligus berziarah ke makam cucu Nabi Muhammad SAW. Setelah berziarah, kita menuju pusat perbelanjaan Khan El Khalili Bazaar. Disini menjual banyak pernak-pernik khas Mesir, seperti gelang, lampu, pashmina, papyrus, bumbu dapur dan masih banyak lainnya. Terakhir, kita  menghabiskan malam di Nile Cruise, sebuah restoran apung di sungai Nil. Disini kita bisa menikmati makan malam dengan disuguhi tarian khas Mesir dan live musik.

Khan el Khalili Bazaar
(Sumber: www.mylittleadventuren.com)


Hari ketiga

(Menuju Alezandria)

Hari ke tiga kita melanjutkan perjalanan ke Alexandria. Di sini, kita akan menziarahi makam Nabi Daniyal dan Lukmanul Hakim. Dilanjutkan dengan kunjungan ke Masjid Mursi Abu Abbas, Makam Imam Busiri dan juga Makam Abu Darda yang merupakan salah seorang sahabat Rasulullah.
Makam Abu Darda
(Sumber: www.islamiclandmarks.com)
Usai berziarah kita akan menikmati keindahan Pantai Alexandria dari Istana Montazah, tempat peristirahatan keluarga Raja Farouk. Kemudian dilanjutkan lagi dengan mengunjungi perpustakaan Alexandria, dan menikmati keindahan Laut Mediteranian dan Citadel of Qaitbay, benteng yang dibangun pada abad ke 15 M. Sesudahnya kita kembali ke Cairo.

Istana Montazah
(Sumber: www.flyingcarpettours.com)

Citadel of Qaitbay
(Sumber: www.pinterest.com)

Hari keempat

(Kairo-Terusan Suez-St. Catherine-Gn. Sinai)

Setelah sarapan pagi di hotel, kita melanjutkan perjalanan menuju ST. Catherine dengan melewati terusan Suez yang terkenal. Kita juga akan melewati Terowongan Ahmad Hamdi dan Uyun Musa, tempat berdirinya 12 sumur air Nabi Muda. Selain itu, kita akan singgah ke lokasi tenggelamnya Firaun di Laut Merah saat mengejar Nabi Muda A.S dan kaumnya.

Terusan Suez
(Sumber: www.internasional.kompas.com)
Break sejenak untuk makan siang, kemudian kembali melanjutkan perjalanan. Dalam kesempatan ini, kita akan melihat Patung al Samiri, mengunjungi Biara St. Catherine-biara yang pernah dilindungi Rasullulah SAW serta mendaki gunung Sinai. Di puncak gunung ini, kita akan menikmati sunset dan sekaligus berdoa. Setelahnya kita mengunjungi Masjid al Wadi al Muqaddae, Makam Nabi Harun dan Makam Nabi Sholeh A.S. Kita akan makan malam dan beristirahat di kota ini
Biara St. Catherine
(Sumber: www.liputanislam.com)

Pemandangan di Gunung Sinai
(Sumber: www.alfajrumroh.com)


Hari kelima
(Gn. Sinai-Taba)

Usai sarapan, kita kembali melanjutkan perjalanan. Masih di sekitaran wilayah Biara St. Catherine, terdapat pohon yang terbakar saat Allah SWT berbicara langsung kepada Nabi Musa A.S. Kita juga akan melihat surat perjanjian dari Nabi Muhammad SAW kepada umat Kristen, berisikan bahwa mereka dijamin keselamatan dan keamanan di bawah kepemimpinan umat Islam. Selanjutnya kita menuju Taba untuk melihat laut merah sekaligus bermalam di sana.
Pohon/semak terbakar di area Biara St. Catherine
(Sumber: www.yallatoursblog.com)

Laut Merah
(Sumber: www.en.wikipedia.org)

Hari keenam

(Ziarah  ke Masjidil Aqsa)

Inilah hari yang ditunggu-tunggu. Tiba saatnya kita mengunjungi masjidil Aqsa di Jerussalem. Namun sebelumnya, kita akan singgah di perbatasan Taba untuk proses imigrasi terlebih dahulu. Setelahnya kita akan diantar menuju bukit Zaitun, baru kemudian menuju masjidil Aqsa. Dalam kesempatan ini, menyempatkan shalat di rumah Allah yang penuh berkah.
Masjidil Aqsa
(Sumber: www.viva.co.id)
Usai mengunjungi masjidil Aqsa, kita akan pergi ke Nativity Church (Kanidat al -Mahd), Masjid Omar di kota Betlehem dan Kolam Salomo (Birak Suleiman). Selanjutnya kita akan pergi ke kota Hebron mengunjungi al Haram al Ibrahim, gua bawah tanah yang juga merupakan tempat suci bagi tiga agama (Islam, Yahudi, Kristen). Terakhir kita akan mengunjungi makan Nabi Yunus A.S  di kawasa Halhoul Village, tak jauh dari Hebron. Kita akan beristirahat dan bermalam di Jerussalem.
Al Haram Al-Ibrahim
(Sumber: www.ccun.org)


Hari ketujuh

(Tur Keliling Kota Jerussalem)

Sebagai kota suci bagi tiga agama Samawi, Jerusalem memiliki banyak destinasi menarik yang amat penting untuk dikunjungi. Masing-masing tempat ini menyimpan sejarahnya tersendiri. Pertama kita akan mengunjungi komplek al-Aqsa (Al-Haram al-Sharif), seperti Dome of Rock, yaitu kubah berwarna emas yang terkenal sebagai salah satu ikon kota tua Jerussalem. Ada juga MT. Olive, Salam el Farisi Mosque dan Bouraq Mosque. Setelah itu kita akan berjalan di dalam tembok al-Quds melalui Via Dolorosa. Kemudian berziarah ke makam Rabiah el Adawiyah. Beliau dijuluki  sebagai "ibu para sufi" karena sikap zuhudnya. Setelah itu, kita pergi ke pasar tua di kota suci (Al Qahtani, Khan Al Zait, Al Atarin), kemudian mengunjungi Gereja Makam Kudus dan Omar Mosque. Perjalanan terakhir adalah ke Golgotha atau yang terkenal dengan tempat penyaliban Yesus. Bukit ini dijaga oleh kaum Muslim turunan langsung Salahudin, yang sangat dihargai dan dihormati di daratan Eropa karena berhasil menaklukan Jerusalem. Setelah itu kita kembali ke hotel untuk bermalam di Jerusalem.
Dome of Rock/ Kubah al Shakhrah
(Sumber:www.hexapolis.com)

Makam Rabiah al Adawiyah
(Sumber: www.republika.co.id)


Hari kedelapan

(Jerussalem- Jericho-Allenby-Petra)

Di hari kedelapan kita menuju Jericho, kota tertua di dunia. Disini kita akan mengunjungi Makam Nabi Musa A.S. Usai ziarah kita langsung ke Allenby Bridge untuk menyeberang kembali ke Jordan. Kemudian mengunjungi Kerak dan Muta’a. Break makan siang sejenak, kita lalu melanjutkan kunjungan ke makam Zaid bin Haretha, Jafa’a bin Aby Taleb, dan Abdallah bin Rahawa. Terakhir, kita singgah ke Istana Shobak, kemudian menuju Petra untuk makan malam di hotel dan bermalam di Petra.
Makam Nabi Musa A.S
(Sumber: www.media.ihram.asia.com)

Kastil Shobak
(Sumber: www.thebelltower.wordpress.com)

Hari kesembilan

(Petra-Dessert Safari Wadi Rum-Amman)

Usai sarapan pagi di hotel dan check out, kita diajak untuk menikmati Dessert Gurun Pasir di Wadi Rum serta makan siang di restoran lokal. Selanjutnya kita mengunjungi gua Ashabul Kahfi, sebuah tempat bersejarah yang kisahnya diabadikan dalam Al-Quran. Gua ini merupakan tempat persembunyian tujuh pemuda beriman bersama seekor anjing mereka, demi terhindar dari kekejian Raja yang zalim dan tidak beriman. Oleh kuasa Allah SWT mereka kemudian tertidur selama 300 tahun lamanya. Terakhir, tak lupa juga kita untuk mengunjungi makam sahabat Nabi, yakni Abdurrahman bin Auf. Kita bermalam di Amman.
Gua Ashabul kahfi
(Sumber: www.cheria-travel.com)

Makam Abdurrahman bin Auf
(Sumber: en.wikipedia.org)

Hari kesepuluh

(Aman-Muscat)

Hari ini adalah hari terakhir kita berada di Amman sekaligus perjalanan terakhir tur ziarah jejak rasul. Namun sebelum pulang, tak lupa kita berziarah kemakam salah seorang sahabat Rasulullah, yaitu Bilal bin Rabah. Sang muadzin pertama dalam sejarah Islam.
Makam Bilal bin Rabah
(Sumber: www.flickr.com)

Setelah makan siang,   diantar ke Queen Alia International Airport dengan penerbangan transit ke Muscat pukul 19.10 waktu setempat. Tiba di Muscat pukul 23.45, kita selanjutnya mengambil penerbangan ke Jakarta pukul 01.55 waktu setempat.
Hari kesebelas
(Kembali ke Jakarta)

Pukul 13.20 WIB, kita telah sampai di Indonesia. Alhamdulillah.

Jakarta
(Sumber: www.tempatwisataunik.com)

*Optional Tour

  • Hari ke-2, tersedia optional tour masuk ke Ruangan Khusus Mumi Firaun. Harga USD $15/pax.
  • Hari ke-4, optional tour mendaki gunung Sinai. Harga $40/pax.

Realisasikan Impian Menuju Masjidil Aqsa dengan Cheria Holiday

Baru membayangkan perjalanannya saja sudah terasa luar biasa, bagaimana jika benar-benar terealisasi ya? Tidak hanya memperoleh berkah, tetapi juga pengetahuan dan pengalaman yang tak terlupakan.

Adapun harga dan jadwal keberangkatan dalam Paket Tur Ziarah Masjidil Aqsa (Program Ziarah Jejak Rasul ini) adalah sebagai berikut:

Harga Program Ziarah Jejak Rasul 2018


Harga ini sudah termasuk:
  1. Tiket penerbangan dengan Oman Air
  2. Akomodasi hotel sesuai rincian perjalanan
  3. Transportasi sesuai rincian perjalanan
  4. Makanan halal sesuai dengan rincian
  5. Tiket masuk ke museum sesuai dengan rincian
  6. Guide berbahasa Indonesia
  7. Departure tax perbatasan
  8. 2 botol air mineral per orang selama perjalanan
  9. 1 botol air besar mineral selama makan (Share 4 orang)
  10. Fasilitas wifi dalam bus
Harga tidak termasuk:
  1. Asuransi perjalanan
  2. Tipping
  3. Visa Cairo
  4. Visa Israel
  5. Pengeluaran pribadi
  6. Minuman tambahan seperti soft drink, jus, dll yang tidak sesuai dengan rincian perjalanan.
Untuk jadwal keberangkatan tahun ini, Cheria Holiday mempunyai enam pilihan waktu. Jadi, bisa disesuaikan dengan waktu luang/liburan kita nantinya.

Jadwal Keberangkatan

Jadwal keberangkatan tur ziarah Masjidil Aqsa
(Sumber: www.cheria-travel.com)

Berikut keceriaan peserta Cheria Holiday yang telah berkesempatan mengikuti paket tur ziarah Masjidil Aqsa. 



Peserta Tur Aqsa bersama Cheria
(Sumber: www.cheria-travel.com)

Sekilas informasi mengenai paket tur ziarah ke Masjidil Aqsa bersama Cheria Holiday. Soal travel saya sudah fixed. Cheria Holiday adalah pilihan tepat untuk mewujudkan impian saya berziarah ke Masjidil Aqsa. Tour wisata muslim ini sudah memiliki pengalaman, fasilitas dan pelayanan yang tak diragukan lagi tentunya.

Terakhir, semoga kita semua dimudahkan dan diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk mengunjungi Masjidil Aqsa. Suatu hari nanti. Aamin.




Sumber Bacaan:

https://lifestyle.okezone.com/amp/2017/07/24/196/1742782/diberkahi-masjidil-aqsa-miliki-sejuta-keistimewaan-pahala-ibadah-dilipatgandakan
https://cheria-travel.com/











Comments

  1. Masya Allah aku tuh pengen banget ksana, smg bs ksna amin

    ReplyDelete
  2. Waah, berharap banget bisa ke Masjidil Aqsa. Smg kita semua bs berangkat ksanaa

    ReplyDelete
  3. Semakin tahu keistimewaan masjid Al Aqsha, semakin ingin ziarah ke sana...Duuh...semoga yaa...

    ReplyDelete
  4. Semoga kelak bisa ke sana, aminn

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Serunya Liburan Halal ke Eropa Timur dengan Cheria Holiday

Jalan-jalan ke Eropa, siapa yang nggak mau? Keindahan negeri yang terkenal dengan empat musim, sejarah, dan seninya ini tentu menggoda para traveller untuk berkunjung ke benua putih ini. Namun, bertandang ke negeri –negeri Eropa terkadang memberikan kegalauan tersendiri, khususnya bagi muslim travellers. Tak lain karena kemungkinan sulitnya menjalankan ibadah dan mencari makanan halal di negara yang minoritas muslim. Makanya, melakukan perjalanan ke Eropa sekiranya butuh planning yang matang, termasuk soal memilih agen travel.

Nah, Cheria Halal Wisata Tour Travel hadir dalam rangka memenuhi kebutuhan umat Islam dalam kunjungan wisata mereka, walau ke negara non-muslim sekalipun. Sebagai tour wisata muslim, Cheria Halal Holiday memastikan liburan yang nyaman bagi wisatawannya dengan kelancaran menjalankan ibadah wajib dan menikmati makanan halal. Cheria Holiday sendiri adalah sebuah travel wisata halal terdepan yang melayani servis komprehensif bagi individu atau grup yang ingin berwisa…

UPT PERPUSTAKAAN UNSYIAH : The Revolution of Library, The Revolution of Literacy

[Tulisan ini dibuat dalam rangka mengikuti Lomba ULF 2018]

Perpustakaan biasanya identik dengan tempatnya anak-anak kutu buku. Pergi ke perpustakaan tanpa alibi buat tugas, malah dikatain "rajin banget" (pake nada sarkasme) atau "sok rajin", "sok pintar" dan sejenisnya. Ya maklum-maklum saja, membaca bukanlah kebiasaan atau hobi yang lazim bagi sebagian orang kita. Daripada membaca, anak-anak muda sekarang lebih senang main gadget atau ngopi. Maka tak heran, perpustakaan jadi kalah ramai dengan cafe-cafe yang terus menjamur.

Seperti yang diketahui, literasi di negeri kita memang masih tergolong rendah. Menurut data statistik dari UNESCO,  indonesia berada pada peringkat ke 60 dari total 61 negara dengan tingkat literasi terendah. Indeks minat baca di Indonesia juga disebut baru mencapai 0,001. Artinya, setiap 1.000 penduduk, hanya satu orang saja yang memiliki minat baca. Hasil dari UNDP juga megungkapkan bahwa angka melek huruf orang dewasa di Indonesia ha…