Cara Menghasilkan Uang di Pinterest

Cara Menghasilkan Uang di Pinterest - Mau tahu caranya menghasilkan uang di Pinterest?

Pinterest adalah tempat yang memungkinkan pengguna berbagi konten apapun secara visual dan menemukan ide-ide baru. Platform sosial media ini dapat dianggap sebagai papan pin virtual, di mana pengguna di seluruh dunia dapat menyematkan hal-hal yang mereka sukai dan membuat sebuah board berdasarkan hasrat dan minat mereka.

Tapi, bisakah Pinterest dimanfaatkan untuk mendapatkan uang secara online?

Jawabannya iya!

Ada banyak cara menghasilkan uang di Pinterest, baik secara langsung maupun tidak langsung. Hal ini akan menjadi tempat terbaik untuk menjangkau audiens dan menemukan lebih banyak peluang bisnis yang mendatangkan keuntungan.

Cara menghasilkan uang di Pinterest

Siapa yang Bisa Menghasilkan Uang di Pinterest?

Siapa saja yang menggunakan aktif menggunakan sosial media ini berpeluang untuk bisa mendapatkan uang di Pinterest. Meski begitu ada sedikit statistik menarik bagi siapa saja yang ingin mencobanya.

Pada awal tahun 2022, Pinterest melaporkan 433 juta pengguna aktif bulanan dari seluruh dunia. Lebih dari itu, platform ini populer di kalangan pengguna wanita, dengan 60% audiens utamanya adalah wanita.

Selain itu, beberapa niche juga mencatatkan popularitas yang lebih baik dari topik lainnya. Beberapa di antaranya adalah seni, DIY/kerajinan, keuangan, travel dan liburan, kecantikan, kesehatan, hingga fashion.

Dengan statistik di atas, ada gambaran singkat tentang bagaimana Pinterest akan bermanfaat bagi penggunanya. Jika memiliki kriteria di atas, Pinterest bisa jadi paltform yang sesuai untuk dimanfaatkan dalam mencari penghasilan sampingan.

Cara Mendapatkan Uang di Pinterest dengan Blog

Menghasilkan uang lewat Pinterest akan lebih optimal bagi pemilik blog. Salah satu halaman atau postingan blog nantinya bisa dijadikan landing page yang nantinya tidak hanya bisa jadi rujukan di Pinterest, tapi juga berbagai media sosial lainnya.

Tidak cuma itu, artikel blog juga bisa memberikan penjelasan yang lebih lengkap untuk menjual atau mempromosikan produk. Bukan tidak mungkin postingan tersebut akan menjadi pendorong yang diperlukan pembaca untuk menetapkan pilihan mereka.

Dengan semua manfaat tersebut, mari simak cara mendapatkan uang dari Pinterest dengan bantuan blog.

1. Buat blog sesuai passion

Memilih topik blog yang sesuai bisa cukup merepotkan, namun hal ini bisa lebih mudah dengan memilih topik yang disukai.

Berdasarkan hobi, siapa saja bisa memulai blog tentang membuat kerajinan tangan, makanan, tren mode baru, atau apa pun untuk didiskusikan. Jika ada seseorang yang mau menghabiskan uang untuk topik tersebut, maka niche tersebut sangat layak untuk digarap.

Blog yang dibuat dengan passion akan membuatnya lebih menarik, karena orang tahu bahwa konten yang ada pada blog tersebut dibuat dengan lebih hati-hati. Pemilik blog pun akan senang hati dalam mengurus blog karena topiknya memang benar-benar mereka sukai.

2. Kumpulkan pembaca dan mulai berjualan

Setelah memiliki blog dengan beberapa konten unik, langkah selanjutnya adalah menargetkan audiens yang tepat di Pinterest. Ada beberapa cara untuk melakukannya.

Pertama, pastikan target audience blog adalah orang yang memang senang dengan topik yang dibahas di blog tersebut. Sebagai contoh, jika di blog terdapat banyak tutorial serta hasil karya kerajinan kita sendiri, maka target pembaca blog tersebut sudah pasti adalah mereka yang tertarik dengan kerajinan tangan.

Setelah itu, yang perlu dilakukan hanyalah membuat akun Pinterest untuk blog tersebut dan membuat posting blog seputar kerajinan untuk menarik audiens tersebut.

Pemilik blog pun nantinya dapat mulai membuat pin Pinterest yang indah dan menyematkannya ke papan dan group board untuk menjangkau lebih banyak pengguna.

Jika ingin menjual kerajinan tangan atau produk terkait, pemilik blog dapat memanfaatkan tautan ke situs e-commerce seperti Tokopedia atau Shopee.

3. Mempromosikan produk afiliasi

Affiliate marketing adalah metode online untuk menjual produk atau layanan orang lain dengan menggunakan strategi promosi. Tidak hanya itu, perusahaan menawarkan komisi kepada blogger untuk setiap penjualan yang dihasilkan.

Siapa pun bisa menjadi afiliator dengan bergabung ke banyak situs yang menyediakan program afiliasi. Jika ingin mempromosikan berbagai macam produk tanpa memiliki produk sendiri, salah satu situs yang menyediakannya adalah online store seperti Lazada, Tokopedia, BliBli atau Shopee.

Di situs ini pemilik blog dapat menemukan apa yang relevan dengan topik blog mereka dan membuat konten seputar niche tersebut untuk dipromosikan di Pinterest.

Untuk mendapatkan uang dari Pinterest, pemilik blog dapat langsung memposting tautan tersebut dengan pin Pinterest. Selain itu hal ini juga bisa ditambahkan ke posting blog.

Namun, perlu diingat untuk tidak pernah menggunakannya secara berlebihan di Pinterest. Sebagai rekomendasi, tambahkan tautan afiliasi ke posting blog dan cukup publikasikan tautan posting blog di dalam pin Pinterest.

Itu akan membantu mengarahkan lebih banyak pembaca ke blog, dan jika mereka senang dengan konten tersebut, mereka pasti akan mengklik tautan afiliasi yang sudah ditautkan.

4. Menampilkan iklan di blog

Pemilik blog dapat menampilkan iklan di blog mereka. Google Adsense atau Media.net jadi jaringan periklanan yang populer agar blogger dapat menampilkan iklan pada website atau blog.

Cara agar dibayar melalui layanan tersebut adalah dengan mendatangkan trafik sebanyak-banyaknya. Semakin banyak orang yang mengunjungi blog, semakin besar pula potensi klik pada iklan yang bisa didapat.

Salah satu cara untuk mendatangkan trafik ke blog adalah dengan bantuan sosial media seperti Pinterest. Dengan menambatkan postingan yang banyak disukai orang, pemilik blog nantinya bisa mengarahkan mereka ke artikel blog dengan menyematkan tautan balik ke postingan yang terkait.

5. Menjual produk digital di Pinterest

Siapa saja yang memiliki keahlian dalam membuat kerajinan, memasak, berkebun, dekorasi rumah, atau apa pun, dapat mengumpulkan pemikiran tersebut dan kemudian buat kursus untuk membantu orang yang tertarik dengan hal tersebut.

Ini akan menjadi cara yang baik untuk mendapat untung dari pengetahuan yang kita miliki. Saat kursus tersebut banyak dicari orang lain, kita dapat membagikannya di Pinterest dan juga di platform media sosial lainnya.

Selain hal tersebut, untung pun bisa diraih dengan membuat e-book dan kursus untuk mendapatkan passive income yang bagus.


Pinterest adalah salah satu platform sosial media populer yang lebih fokus pada tampilan visual seperti Instagram. Dengan jumlah pengguna yang masif, paltform ini bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Selain menggunakan Pinterest langsung, kita juga bisa membuat blog untuk mengoptimalkan akun Pinterest. Selain itu adanya blog akan membantu untuk menghasilkan uang dengan Pinterest dalam lebih banyak cara. (NVSEMMA.blogspot.com)

Post a Comment

Previous Post Next Post