7 Situs Freelance Terbaik untuk Pemula di Tahun 2023

Situs Freelance Terbaik - Menjadi pekerja lepas (freelancer) adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Hal ini pun kini lebih mudah dilakukan dengan banyaknya situs freelance.

Keberadaan situs freelance akan membuat freelancer dapat dengan mudah mencari pekerjaan yang sesuai dengan skill mereka. Freelancer pun dapat terhubung dengan jaringan luas berisi para pencari kerja dari seluruh dunia.

Jadi bagi siapa saja yang ingin memulai karir sebagai pekerja lepas di tahun ini, beberapa situs freelance terbaik ini bisa jadi acuan yang patut dipertimbangkan.

Situs freelance terbaik untuk pemula

1. Sribu

Sribu jadi nama pertama bagi pekerja lepas yang sedang mencari situs freelance terbaik Indonesia. Sribu sendiri merupakan hasil kolaborasi antara Sribu dan Sribulancer yang dulu dijadikan layanan terpisah, dengan Sribu lebih fokus pada pekerjaan lepas sekitar dunia desain.

Di situs ini, para pekerja lepas bisa menawarkan berbagai jenis jasa, mulai dari desain grafis, video editing, pembuatan animasi, terjemah, SEO, pengembangan aplikasi, dan masih banyak lagi.

Karena dibuat untuk pasar Indonesia, Sribu juga tergolong sebagai web freelance terbaik untuk pemula. Selain terdapat support dalam bahasa Indonesia, pembayaran pun bisa dilakukan melalui transfer bank lokal yang jauh lebih mudah.

Menariknya, Sribu juga menyediakan layanan dalam bahasa Inggris. Dengan begitu ada kemungkinan bagi freelancer lokal untuk mendapatkan klien yang berasal dari luar negeri.

2. Projects.co.id

Situs freelance Indonesia lain yang juga patut dicoba adalah Projects.co.id. Sama seperti Sribu, di sini freelancer dapat menawarkan berbagai macam skill, mulai dari fotografi, akunting, programming, internet marketing, sosial media, dan masih banak lagi.

Menariknya, situs ini juga menyediakan layanan unik yang jarang ada pada situs freelance lainnya. Salah satunya adalah jual beli produk di mana user bisa menjual berbagai macam barang (kebanyakan digital) seperti blog, template excel, aplikasi, tema website, dan masih banyak lagi.

Selain itu Projects.co.id juga menawarkan program afiliasi. Dengan program ini, user bisamendapatkan link referal dan mempromosikan layanan Projects.co.id pada orang lain. Nantinya akan ada komisi untuk setiap orang yang mendaftar dan melakukan transaksi melalui link referal tersebut.

3. Freelancer

Freelancer.com adalah situs web yang mempertemukan para pekerja lepas dan perusahaan yang membutuhkan keterampilan dan bantuan dalam pembuatan situs web, grafik, periklanan, penulisan, dan banyak lagi.

Situs web Freelancer mudah digunakan, dan berkolaborasi dengan mereka juga mudah. Para calon pekerja lepas harus terlebih dahulu mempresentasikan sampel pekerjaan sebelumnya, kemudian melamar suatu posisi, dan terakhir, berbicara dengan perekrut

Bagian terbesarnya adalah tidak ada biaya yang terkait dengan bergabung.

Selain itu, freelancer juga tidak perlu lulus audisi atau tes untuk bergabung dengan situs ini. Bagi para freelancer yang sedang mencari situs web freelancing yang dapat dipercayai dan diandalkan, Freelancer.com adalah salah satu opsi terbaik yang tersedia untuk dipertimbangkan saat ini.

4. Fiverr

Fiverr adalah pasar online yang menghubungkan pekerja lepas dan perusahaan, menawarkan pilihan solusi layanan ahli yang unik dan komprehensif di lebih dari 250 kategori. Klien dapat mencari dan mempekerjakan pekerja lepas dengan memposting karya mereka yang tersedia di situs web ini.

Rata-rata, proyek dibandrol dari $5. Pekerja lepas pun dapat menawarkan berbagi jasa, mulai dari penulis, desainer, desainer web, pembuat film, dan profesional lain yang melakukan pekerjaan serupa.

Situs freelance ini adalah tempat yang bagus untuk memulai bagi pekerja lepas baru dan bergantung pada tugas yang mereka peroleh. Potensi pendapatan yang bisa diraih pun tergolong besar mengingat besarnya trafik di situs ini.

Untuk memulainya, pekerja lepas harus membuat profil terlebih dahulu. Setelah itu buat gig dan sertakan informasi menarik yang dapat meyakinkan calon klien yang melihatnya untuk mendapatkan job pertama di Fiverr.

5. Upwork

Upwork, sebelumnya dikenal sebagai oDesk, telah berkembang menjadi salah satu website freelancer paling populer. Ini adalah platform lepas terbesar di dunia, dengan lebih dari 8 juta pekerja lepas.

Jika ingin mencari klien jangka panjang, Upwork akan menjadi platform hebat yang patut dipertimbangkan. Banyaknya tenaga terampil dari dengan berbagai skill membuat situs freelance ini jadi pilihan bagi bisnis atau brand yang ingin mencari pekerja lepas berkualitas.

Upwork sendiri jadi situs web freelancing yang ramah pengguna. Namun sebelum bisa memasarkan skill di sini, pelamar harus mengisi aplikasi terlebih dahulu. Aplikasi ini nantinya bisa disetujui atau ditolak tergantung hasil penilaian tim Upwork.

Bila berhasil diterima, pekerja lepas bisa mulai menawarkan jasanya dengan bayaran rata-rata yang cukup lumayan.

6. 99designs

Sesuai namanya, 99designs adalah situs freelance khusus untuk desainer. Di sini freelancer bisa menawarkan jasa seputar desain seperti pembuatan logo, flyer, brosur, ilustrasi, dan karya digital lainnya.

Dibandingkan dengan situs freelance lainnya, 99designs beroperasi dengan cara yang unik.

Di sini pelanggan akan membuat sayembara dengan kriteria tertentu. Para pekerja lepas nantinya dapat mengirimkan karya mereka untuk bersaing dengan pekerja lepas lainnya. Freelance terpilih nantinya berhak atas hadiah yang telah ditentukan.

7. LinkedIn

LinkedIn lebih populer sebagai platform sosial media yang mempertemukan para pekerja profesional. Di sini user bisa memberikan deskripsi singkat serta mencantumkan CV dan hasil karya mereka.

Meski tidak dirancang sebagai situs freelance khusus, LinkedIn seringkali dijadikan sebagai platform untuk menarik minat klien baru yang sedang mencari pekerja lepas dengan skill tertentu. 

Beda dengan situs freelance lain, di sini para pekerja lepas harus mengurus semuanya sendiri. Enaknya freelancer bisa langsung terhubung dengan klien sehingga mereka bisa memasang tarif dan menariknya tanpa ada potongan dari pihak manapun.


Itulah dia beberapa situs freelance terbaik untuk pemula yang bisa dicoba pekerja lepas manapun untuk memulai karir mereka. Jika dilakukan dengan serius dan konsisten, freelancer bisa membuat portfolio yang lebih baik agar mereka bisa menarik mina klien yang jauh lebih besar. (NVSEMMA.blogspot.com)

Post a Comment

Previous Post Next Post