10 Altcoin Terbaik Sebagai Alternatif Bitcoin

Altcoin Terbaik 2023 - Popularitas Bitcoin membuat banyak orang membuat mata uang digital mereka sendiri. Cryptocurrency alternatif atau altcoin pun membanjiri pasar dan memberikan peluang bagi trader untuk berinvestasi.

Sayangnya tidak semua altcoin memberikan efek yang sama. Beberapa meraih popularitas yang tinggi, sebagian lainnya jadi underrated cryptocurrency yang potensial, namun tidak sedikit pula yang menjadi flop dan merugikan pemiliknya.

Agar tidak salah membeli, tidak ada salahnya untuk memantau beberapa altcoin terbaik berikut ini sebagai alternatif Bitcoin.

Altcoin terbaik alternatif Bitcoin

1. Ethereum (ETH)

Ethereum adalah altcoin tertua dan terbesar di pasaran saat ini. Mata uang kripto buatan Vitalik Buterin ini ini juga jadi alternatif Bitcoin paling populer.

Ether adalah cryptocurrency dengan teknologi blockchain yang pertama kali memperkenalkan smart contract, dengan kode yang didesain untuk menjalankan decentralized application, atau dApps.

Saat ini ada hampir 3000-an dApps yang bergerak di jaringan Ethereum, baik untuk sosialisasi, Decentralized Finance (DeFi), atau Nonfungible Tokens (NFT). Ethereum pun banyak digunakan pada banyak platform kripto besar seperti OpenSea, Polygon, atau MetaMask.

Meski ada banyak altcoin baru bermunculan, Ethereum tetap menjadi platform pilihan trader, terutama bagi mereka yang mencari alternatif Bitcoin yang memiliki transaction fee yang lebih terjangkau, serta waktu pencatatan transaksi yang lebih cepat dan penggunaan energi yang lebih sedikit.

Makanya tidak heran jika Ethereum mampu mengungguli performa Bitcoin di beberapa waktu. Ethereum pun menjadi alternatif Bitcoin serta altcoin terbaik yang bisa ditemukan di pasaran saat ini.

2. Ripple (XRP)

XRP adalah altcoin yang dikembangkan oleh Jed McCaleb, Arthur Britto dan David Schwartz. Ripple adalah jaringan transaksi keuangan digital global yang dirancang untuk memfasilitasi transaksi antar bank dan lembaga keuangan lainnya.

Ripple dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pembayaran yang lebih cepat, murah, dan aman dibandingkan SWIFT (Society for Worldwde Interbank Financial Telecommunications) yang kini digunakan antar bank untuk transfer uang.

Selama ini SWIFT dikenal mahal dan diproses cukup lama. Metode ini mengharuskan bank dan lembaga keuangan memiliki kepemilikan dalam berbagai denominasi. Dengan menggunakan mata uang kripto XRP sebagai media pertukaran, Ripple dapat menawarkan tingkat penyelesaian yang jauh lebih cepat dengan biaya yang lebih murah.

XRP sendiri memiliki cara kerja yang sedikit berbeda dari kebanyakan kripto lainnya. Cryptocurrency lain umumnya melakukan proses verifikasi kepada siapa saja yang dapat menyelesaikan persamaan kompleks dengan cepat. Ripple justru memperbolehkan pengguna untuk memverifikasi transaksi mereka berdasarkan peserta mana yang menurut mereka paling tidak mungkin menipu mereka.

Saat transaksi baru masuk, validator memperbarui ledger setiap tiga hingga lima detik dan memastikannya cocok dengan pencatatan lainnya. Jika ada ketidakcocokan, mereka berhenti untuk mencari tahu apa yang salah. Hal ini memungkinkan jaringan untuk memvalidasi transaksi dengan aman dan efisien, yang memberikannya keunggulan dibandingkan cryptocurrency lain seperti Bitcoin.

3. Dogecoin (DOGE)

Sejarah Dogecoin sedikit unik karena altcoin ini berawal dari parodi Bitcoin. Namun kini, mata uang kripto tersebut justru jadi salah satu altcoin terbaik berkat popularitasnya yang tinggi.

Dogecoin sendiri dibuat oleh dua software engineers, Billy Markus dan Jackson Palmer, di tahun 2013. Keduanya terinspirasi untuk membuat lelucon seputar cryptocurrency dan mengomentari semua spekulasi liar seputar pasar kripto.

Siapa sangka, banyak orang yang menyukai ide ini dan membuat Dogecoin dikenal banyak orang. Dogecoin sendiri sempat menyebabkan kehebohan pada tahun 2021. Setelah dikabarkan akan digunakan sebagai metode pembayaran pada beberapa perusahaan besar, nilai Dogecoin langsung melesat.

Sayangnya hal tersebut tidak berlangsung lama, karena koin dengan maskot anjing Shiba Inu ini kembali merosot. Meski begitu komunitas di balik koin ini cukup solid dan membuat Dogecoin tetap jadi altcoin populer sebagai alternatif Bitcoin.

4. Shiba Inu (SHIB)

Shiba Inu diluncurkan sebagi rival bagi DogeCoin. Keduanya sama-sama menggunakan tema anjing khas Shiba serta sama-sama fokus pada komunitas online yang solid.

alternative coin Shiba Inu

Meski terlihat sebagai hal yang tidak serius, Shiba Inu telah mentahbiskan diri sebgai salah satu sistem DeFi yang solid. Koin digital ini pun terus mengembangkan penawaran mereka dan menawarkan ekosistem yang tidak kalah menarik dibanding altcoin lainnya.

SHIBA mengalami banyak pengembangan dan support yang luar biasa dari seluruh dunia. Salah satu update terbesar mereka adalah peluncuran Shiba Inu Metaverse di mana orang-orang bisa membeli properti di Shiba Lands.

Selain itu Shiba Inu juga menawarkan staking program seperti token LEASH dan BONE yang bisa dipakai untuk membuka reward tambahan. Tidak ketinggalan ada Shiba Swap, sebuah platform pertukaran sekaligus artist incubator yang bisa dipakai untuk mempromosikan blockchain di antara developer dan artis digital.

5. Cardano (ADA)

Cardano jadi underrated altcoin yang kini mulai mendapatkan traksi dan muncul sebagai kompetitor utama Ethereum yang menguasai pasar blockchain saat ini. Kemunculan Cardano (ADA) sendiri diharapkan dapat mengatasi masalah scalability dan tingkat keamanan pada Bitcoin dan Ethereum.

Salah satu hal unik yang menjadi kelebihan Cardano adalah dukungan riset ilmiah yang ada pada setiap release koin ini. Adanya tinjauan akademisi yang menyepakati kelayakan fitur yang diluncurkan membuat altcoin ini mendapatkan tingkat kepercayaan yang tinggi saat peluncuran smart contract koin ini.

Tahap terakhir dari proyek ini adalah Voltaire yang memungkinkan pemilik koin tersebut untuk memiliki hak suara dan hak pengelolaan kekayaan. Bila diimplementasikan secara penuh, maka Cardano bisa menjadi Decentralized Autonomous Organization (DAO) yang sepenuhnya mandiri.

Kepedulian terhadap rilis Cardano dan rencana yang jelas untuk masa depan yang dipimpin komunitas otonom membuat Cardano jadi salah satu altcoin terbaik untuk investasi di tahun ini.

6. Polkadot (DOT)

Polkadot (DOT) awalnya diluncurkan pada Mei 2020 oleh Gavin Wood yang dikenal sebagai salah satu pendiri Ethereum dan pencipta bahasa smart contract Solidity. Mata uang kripto ini jadi salah satu altcoin terbaik yang memiliki proyek yang cukup ambisius dibanding alternatif Bitcoin lainnya.

Polkadot menggunakan arsitektur modular yang memungkinkan pembuatan "parachain". Parachain ini sendiri merupakan rantai paralel independen yang dapat beroperasi paralel dengan rantai utama dan berkomunikasi melalui "jembatan" tertentu.

Dengan desain tersebut, Polkadot diklaim memiliki skalabilitas, fleksibilitas, dan modularitas yang lebih besar dibandingkan dengan arsitektur blockchain tradisional yang masih diadopsi banyak altcoin.

Ada beberapa alasan kenapa Polkadot jadi salah satu altcoin terbaik untuk berinvestasi di tahun ini.

Selain jadi salah satu proyek paling aktif di Github dengan kecepatan pengembangan yang luar biasa, altcoin ini juga menawarkan platform dApp komprehensif dengan fitur yang tidak kalah dibandingkan Ethereum.

Tidak cuma itu, Polkadot pun memungkinkan pemiliknya untuk memutuskan proyek mana yang selanjutnya akan diterapkan pada parachain mereka sendiri dengan imbalan tertentu.

7. Metacade (MCADE)

Metacade juga jadi altcoin lainnya yang memiliki proyek ambisius. Mereka berencana untuk menjadi hub game milik gamer pertama di dunia. Dengan pasar gaming yang meningkat drastis belakangan ini, Metacade siap jadi bagian penting dalam perjalanan tersebut.

Metacade (MCADE) sendiri merupakan hub game dengan konsep virtual yang bertujuan untuk menjadi pemain terkemuka di industri Web3 GameFi. Konsep yang mereka usung dilakukan untuk mengembalikan kekuatan kepada para gamer.

Gamer dengan ide yang sama bisa berkumpul dan membangun komunitas di pusat Metacade sambil menemukan dan menghasilkan dari judul play-to-earn terbaik di metaverse mereka.

User nantinya akan diberi hadiah koin MCADE untuk memainkan berbagai judul p2e yang semakin meningkat di platform. Pemain pun bisa turut andil dalam memberikan kontribusi kepada komunitas itu sendiri dengan cara menulis ulasan game atau mengadakan diskusi.

Staking juga akan menjadi opsi dengan pemegang yang menerima aliran pendapatan MCADE pasif yang stabil untuk menyimpan token mereka di platform.

Pengembang game juga bisa mendapatkan keuntungan dalam bentuk Metagrant.

Metagrant sendiri jadi paket pendanaan yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan proyek game baru. Pengembang nantinya dapat mengirimkan proposal yang dipilih pengguna platform untuk menentukan game mana yang ingin mereka lihat menjadi bagian dari Metacade.

8. Binance Coin (BNB)

Mungkin tidak salah jika Binance Coin (BNB) jadi salah satu alternatif Bitcoin terbaik selain Ethereum. Bila melihat kapitalisasi pasarnya, BND bahkan mampu bersaing dengan Ethereum sebagai altcoin terbaik.

Binance Coin jadi alternatif Bitcoin terbaik selain ethereum

Token native dari Binance Exchange ini yang menjadi satu tempat pertukaran mata uang digital terbesar ini memiliki kasus penggunaan yang cukup solid. Perusahaan induk mereka pun telah membangun dan menjaga momentum yang cukup untuk memastikan tokennya selalu menjadi salah satu yang terdepan.

Salah satu tonggak bersejarah BNB adalah peluncuran Binance Smart Chain yang diklaim sebagai salah satu teknologi *blockchain *tercanggih di pasar.

Penggunaan teknologi ini menjadi langkah cerdas BNB yang membuat transaction fee mereka lebih terjangkau dibanding Ethereum. Selain itu BNB juga menawarkan tingkat transaksi yang lebih cepat yang pada akhirnya meyakinkan banyak trader untuk beralih ke altcoin ini.

9. The Sandbox (SAND)

Sandbox adalah salah satu platform awal yang fokus pada game di metaverse. Altcoin ini memungkinkan pengguna membuat apa pun yang mereka suka dengan bantuan alat VoxEdit sebagai asset creator dan Game Maker Tools.

Melihat tampilannya, platform Sandbox hadir sebagai dunia virtual yang dibangun dari blok 3D mirip Minecraft dan Roblox.

Di sini pengguna dapat melakukan berbagai macam hal, mulai dari membeli tanah, yang memberi mereka token LAND, membangun aset mereka sendiri, diwakili oleh token ASSET, ataumembuat game mereka sendiri.

Pengguna dapat menjual atau memperdagangkan ASSET mereka di pasar internal platform untuk mendapatkan token SAND. Sementara itu, game yang dibuat melalui fitur plug-and-play di Game Maker yang mudah digunakan dimainkan secara gratis dan memiliki kemampuan P2E.

The Sandbox sendiri mendapatkan endorse dari banyak nama besar seperti Atari, The Walking Dead, The Smurfs, Snoop Dogg, dan Warner Music Group. Mengingat popularitas game virtual 3D yang semakin populer, SAND bisa jadi kuda hitam dan menjadi altcoin terbaik untuk investasi di tahun ini.

10. Solana (SOL)

Solana bergabung dengan jajaran pesaing Ethereum ketika mereka melihat peluang untuk menghadapi mereka di permainan mereka sendiri, dan mereka telah berkembang sejak saat itu. Token generasi ketiga lainnya, penekanan platform Solana adalah untuk memberikan kecepatan transaksi yang sangat baik dan solusi skalabilitas yang sederhana.

Solana tidak biasa karena menggunakan mekanisme konsensus ganda yang merupakan gabungan dari sistem proof-of-stake (PoS) tradisional dan sistem proof-of-history (PoH) yang lebih baru.

Kombinasi ini memungkinkan Solana untuk menawarkan pengalaman dan kecepatan transaksi yang jauh lebih baik dibandingkan dengan transaksi berbasis PoS konvensional, yang diandalkan oleh platform Ethereum generasi sebelumnya.

Meskipun masih jauh di bawah ambang batas yang memungkinkan Solana bersaing dengan pemain besar di dunia nyata, seperti Visa dan Mastercard, yang dapat menangani setara dengan 65.000 transaksi kripto per detik (TPS), 3.500 TPS Solana menjadikannya pemimpin pasar.

Namun, ini hanyalah puncak gunung es. Melalui jaringan 1GB, Solana dapat menangani hingga 710.000 TPS. Tingkatkan ini melalui jaringan multi-GB, dan kemungkinannya sangat menarik.

Dengan angka-angka terdepan di pasar ini dan potensi pertumbuhan yang luar biasa, SOL adalah salah satu altcoin terbaik untuk berinvestasi saat 2022 selesai dan 2023 dimulai.


Terlepas dari ribuan pesaing yang bermunculan, Bitcoin sebagai the father of all cryptocurrency tetap menjadi pemain dominan dalam hal penggunaan dan nilai ekonomi. Sejauh ini tidak ada yang menyamai kapitalisasi pasar dan nilainya.

Meski begitu kini muncul pula berbagai altcoin terbaik yang memiliki daya tarik mereka sendiri dan cocok untuk dipertimbangkan sebagai diversifikasi investasi mata uang kripto di tahun ini. (NVSEMMA.blogspot.com)

Post a Comment

Previous Post Next Post