7 Niche Terbaik untuk Affiliate Marketing

Niche Paling Menguntungkan untuk Affiliate Marketing - Memilih niche yang tepat adalah salah satu tips dan trik affiliate marketing yang ampuh untuk meningkatkan pendapatan afiliasi.

Tidak semua affiliate marketing menawarkan komisi yang sama. Beberapa menawarkan imbalan yang lebih besar karena niche tersebut memiliki potensi trafik yang besar atau melibatkan uang yang banyak.

Selain itu, niche yang berkaitan dengan hal-hal berbau digital juga menawarkan komisi menarik mengingat produk dan jasa mereka bisa dibuat dengan lebih murah.

Makanya, agar bisa dapat penghasilan yang lebih besar, kita bisa memilih beberapa niche affiliate marketing yang menguntungkan seperti beberapa contoh berikut.

Niche terbaik untuk affiliate marketing

1. Web Hosting

Keberadaan web hosting menjadi penting mengingat sekarang semuanya serba online. Dengan web hosting, kita bisa membuat website untuk online store, sekolah, bisnis, atau sekadar dipakai untuk membuat blog personal.

Web hosting sendiri bisa dibeli dari penyedia layanan hosting seperti BlueHost atau HostGator. Untuk dalam negeri, ada beragam pilihan seperti Niagahoster atau IDCloudhost.

Selain bisa dipakai untuk membuat blog dan website, penyedia layanan hosting pun menawaran sistem afiliasi yang sangat menguntungkan.

Hosting sendiri menjadi niche affiliate marketing paling menguntungkan. Komisi yang bisa didapat jumlahnya cukup besar, mulai dari 10% hingga di atas 50% tergantung hosting yang dipilih.

2. SEO

Banyaknya jumlah website memunculkan masalah baru karena setiap orang pasti ingin website mereka bisa bersaing untuk menjadi yang terbaik.

Salah satu cara agar konten bisa muncul di halaman teratas hasil pencarian Google adalah dengan membuat konten yang berkualitas. Tapi hal itu belum cukup karena konten juga harus dibuat sesuai dengan kaidah SEO (Search Engine Optimization) yang baik dan benar.

SEO sendiri tidak melulu berkisar masalah optimasi konten, tapi juga banyak hal lain seperti pemilihan kata kunci yang tepat, peletakan keyword, meta description, backlink, dan masih banyak lagi.

Untuk mempermudahnya, ada banyak tools SEO yang bisa membantu kita mengoptimasi konten, melakukan keyword research, atau melihat strategi backlink dari website kompetitor.

Pentingnya tools semacam ini membuat topik SEO jadi salah satu niche affiliate marketing paling menguntungkan. Komisi yang bisa didapat pun tergolong besar dibanding niche lainnya.

3. Keuangan

Semua topik yang berhubungan dengan uang adalah niche yang menguntungkan untuk affiliate marketer. Topik ini beragam, mulai dari keuangan pribadi, asuransi, cicilan kartu kredit, pajak, P2P lending dan masih banyak lagi.

Di Indonesia, program afiliasi seputar keuangan lebih banyak ditemukan pada layanan P2P lending atau pinjaman online lainnya, seperti KoinWorks, Investree, atau Akseleran.

Dengan mengajak orang lain melalui kode referal, kita bisa mendapatkan komisi sesuai dengan besarnya dana yang mereka tanamkan pada layanan keuangan tersebut.

4. Kecantikan

Popularitas niche ini semakin meroket berkat adanya sosial media seperti Youtube, Instagram dan TikTok. Apalagi kini banyak tren kecantikan bermunculan, seperti trik makeup ala Korea yang sempat booming.

Dengan banyaknya orang yang tertarik untuk merias wajah mereka sendiri, permintaan akan produk-produk kecantikan pun semakin meningkat.

Bagi pemilik blog atau website yang sering membahas masalah kecantikan, ada beberapa sub-kategori yang bisa dibahas lebih mendalam, seperti skincare, parfum, makeup kit, hingga produk perawatan rambut.

5. Travel

Meski sempat terdampak Covid-19, niche travel atau jalan-jalan mulai kembali menggelliat. Total pasar di niche ini pun mencapai triliun Dollar per tahunnya.

Hal ini pun menjadi bekah bagi website yang menawarkan konten seputar traveling karena niche ini kini sangat menguntungkan.

Niche seputar traveling jadi salah satu yang terbaik untuk affiliate marketing

Jadi blog yang sering membahas masalah akomodasi, tiket pesawat, atau atraksi menarik di sebuah daerah bisa menyematkan link referal untuk meraih komisi afiliasi.

Untuk memulainya, salah satu website afiliasi Indonesia yang bisa dicoba adalah Tiket.com dan Traveloka.

6. Fashion

Mempromosikan produk afiliasi melalui situs e-commerce seperti Tokopedia atau Shopee adalah cara mudah untuk mendapatkan uang tanpa memiliki stok barang sendiri.

Meski begitu tidak semua barang memiliki nilai komisi yang sama. Di antara kategori produk fisik lainnya, produk fashion menjadi salah satu dengan persentase komisi tertinggi, hingga di atas 10%.

Hal ini bisa jadi pertimbangan bagi pemilik website atau sosial media yang banyak membahas masalah fashion atau lifestyle.

7. Youtube

Banyaknya orang yang sukses lewat Youtube membuat langkah ini ingin diikuti. Sayangnya tidak mudah untuk membuat channel Youtube yang sukses dalam waktu singkat, apalagi untuk pemula.

Karena itulah, tutorial ekslusif atau tools yang berhubungan dengan Youtube banyak menjadi incaran.

Kita bisa menemukan banyak tools untuk affiliate marketing yang berhubungan dengan Youtube di internet. Jika ingin mencarinya di satu tempat, Ratakan adalah salah satu situs yang banyak menyediakan beragam produk digital, termasuk semua yang berhubungan dengan Youtube.


Itulah dia beberapa niche menguntungkan untuk affiliate marketing yang patut dicoba. Jika sudah memiliki blog atau sosmed yang membahas topik-topik di atas, pastikan untuk melakukannya secara konsistend dan cari strategi marketing terbaik agar konten bisa melejit dan meningkatkan pendapatan dari affiliate marketing. (NVSEMMA.blogspot.com)

Post a Comment

Previous Post Next Post