Apa Itu Fiverr dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Panduan Lengkap Fiverr - Bagi pekerja lepas yang sedang mencari pekerjaan atau pemilik bisnis yang membutuhkan seseorang untuk menyelesaikan tugas? Fiverr mungkin merupakan pilihan yang baik untuk dipertimbangkan.

Tapi apa sebenarnya Fiverr itu? Dan bagaimana cara kerjanya?

Artikel ini akan menjelaskan dasar-dasar yang perlu diketahui tentang Fiverr, untuk membantu memutuskan apakah salah satu situs freelance terbaik ini memang dibutuhkan atau tidak.

Panduan lengkap Fiverr

Apa Itu Fiverr?

Secara singkat, Fiverr adalah platform online yang memungkinkan bisnis terhubung dengan pekerja lepas (freelancer) untuk menyelesaikan sebuah tugas.

Fiverr semakin populer sejak diluncurkan pada tahun 2010, dan memiliki 3,42 juta pembeli aktif dari lebih dari 160 negara pada tahun 2020, termasuk di Indonesia.

Bisnis sendiri menyukai Fiverr karena ini adalah cara yang mudah untuk menemukan seseorang dengan skilll tertentu yang bisa dipekerjakan tanpa terikat kontrak jangka panjang. Pekerja lepas pun menyukainya karena ini adalah cara yang mudah untuk menemukan pekerjaan dan mendapatkan penghasilan.

Jadi, apa sebenarnya yang bisa dilakukan di Fiverr? Hampir semua layanan digital!

Ada jasa untuk menjadi penulis lepas, desainer grafis, pengembang web, dan bahkan orang yang akan melakukan perhitungan pajak untuk bisnis. Apa pun kebutuhannya, kemungkinan ada seseorang di Fiverr yang dapat menjadi solusi.

Cara Kerja Fiverr

Untuk menggunakan Fiverr, pelaku bisnis bisa membuat akun terebih dahulu dan menelusuri situs untuk mencari freelancer yang menawarkan layanan yang mereka butuhkan.

Begitu mereka menemukan pekerja lepas yang mereka sukai, mereka dapat membeli atau meminta gig tertentu. Pekerja lepas kemudian harus menyelesaikan pekerjaan dan mengirimkannya sebelum waktu yang mereka janjikan.

Bisnis kemudian memiliki tiga hari untuk meninjau pekerjaan dan menyetujuinya. Setelah disetujui, uang akan dibayarkan ke akun freelancer.

Apa itu gig Fiverr?

Gig adalah istilah yang digunkanan untuk merujuk pada layanan yang dijual penjual di Fiverr. Layanan yang ditawarkan di Fiverr sangatlah beragam, mulai ari desain grafis, pemasaran digital, penulisan & penerjemahan, video dan animasi, serta musik dan audio.

Contoh gig Fiverr

Mencari jenis gig tertentu pun sngat mudah dilakukan di situs ini. Pencarian dapat dilakukan dengan menelusuri berbagai kategori untuk menemukan sesuatu yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan.

Sebagian besar gig dihargai mulai dari $5, tetapi beberapa penjual menawarkan layanan gig ekstra dengan biaya tambahan. Setelah menemukan gig disukai, kita dapat membelinya dan menunggu penjual mengirimkan karya tersebut.

Panduan menjual jasa di Fiverr

Penjual Fiverr biasanya adalah pekerja lepas yang menawarkan layanan mereka dengan harga yang wajar.

Meski Fiverr dikenal dengan harganya yang murah, banyak penjual di situs ini adalah tenaga profesional yang sangat terampil, bahkan beberapa sudah memiliki pengalaman bertahun-tahun.

Pekerjaan yang dilakukan oleh para freelancer ini bervariasi.

Beberapa dari mereka adalah penulis, desainer grafis, penerjemah, komposer musik, voice over, desainer interior, dan masih banyak lagi. Apapun layanan yang ditawarkan, kemungkinan besar ada pembeli di luar sana yang bersedia membayar untuk keahlian tersebut.

Untuk mulai menjual di Fiverr, buat akun gratis lalu buka bagian “Menjadi penjual” untuk mendaftar layanan yang akan ditawarkan.

Setelah itu buat gig lalu berikan deskripsi singkat, dan hasil karya bila memungkinkan. Jangan lupa juga untuk mempromosikan jasa Fiverr di berbagai platform, seperti website atau sosial media.

Sebagian besar penjual di Fiverr mendapat ulasan positif dari pembeli. Ini karena mereka menawarkan layanan berkualitas tinggi. Namun, ada beberapa penjual yang buruk di Fiverr yang memberikan pekerjaan berkualitas rendah atau tidak memenuhi janji mereka.

Jadi penting untuk berkomunikasi dengan jelas dengan penjual tentang apa yang dibutuhkan, dan hindari penjual dengan banyak umpan balik negatif.

Namun, Fiverr aman digunakan kecuali transaksi dan komunikasi dilakukan di dalam platform. Untuk bantuan tambahan, pembeli maupun penyedia layanan dapat menghubungi tim dukungan mereka dengan membuka tiket.

Cara Menemukan Gig Terbaik di Fiverr

Untuk mencari gig terbaik di Fiverr, ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar dapat menemukan opsi terbaik.

Pertama, luangkan waktu untuk menelusuri berbagai gig yang tersedia. Hal ini bisa dilakukan menggunakan fungsi pencarian untuk mempersempit pilihan berdasarkan kriteria yang dicari.

Setelah menemukan beberapa gig yang terlihat menjanjikan, perhatikan lebih dekat masing-masing gig. Baca deskripsi dengan hati-hati dan lihat ulasan penjual untuk mengetahui seperti apa hasil pekerjaan mereka.

Terakhir, ketika berhasil menemukan gig yang diminati, hubungi penjual dan ajukan pertanyaan apa pun sebelum melakukan pemesanan. Ini akan membantu memastikan klien untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Selain itu pastikan juga untuk meminta contoh karya mereka, jika memungkinkan. Saat siap untuk membuat keputusan, pastikan untuk mengomunikasikan ekspektasi dengan jelas sehingga tidak ada kesalahpahaman di kemudian hari.


Fiverr adalah salah satu situs freelance terbaik bagi para freelancer untuk menawarkan layanan mereka dan bagi bisnis untuk menemukan talenta berkualitas. Fiverr memiliki berbagai layanan yang tersedia, dan platformnya mudah digunakan.

Bagi sebuah bisnis, Fiverr atau situs freelancer terbaik yang menawarkan layanan dengan harga yang masuk akal. Jika sedang mencari pekerja lepas untuk membantu proyek, atau bagi seorang pekerja lepas yang sedang mencari pekerjaan, Fiverr layak untuk dicoba. (NVSEMMA.blogspot.com)

Post a Comment

Previous Post Next Post