7 Cara Menghasilkan Uang Lewat Blog di Tahun 2023

Cara Menghasilkan Uang Lewat Blog - Bila dulu blog hanya digunakan untuk saling berbagi informasi, kini blog juga bisa digunakan untuk mendapatkan uang. Beberapa blogger bahkan cukup berhasil dan bisa menghasilkan uang dalam jumlah yang cukup besar per bulannya.

Salah satu cara monetasi yang paling populer adalah dengan menampilkan iklan melalui Google Adsense. Selain itu pemilik blog juga bisa bergabung dengan program afiliasi, atau menjual produk dan jasa untuk menghasilkan uang lewat blog.

Untuk penjelasan lebih lengkap, simak dulu beberapa cara monetasi blog berikut ini.

Cara menghasilkan uang dari blog untuk pemula

1. Google Adsense

Menampilkan iklan adalah salah satu cara termudah dan tercepat untuk mulai menghasilkan uang dengan blog. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan bergabung ke jaringan iklan seperti Google Adsense atau Media.net.

Agar bisa diterima, pastikan blog sudah dilengkapi dengan posting blog yang unik dan ditulis dengan baik agar lebih mudah disetujui untuk Adsense. Setelah itu barulah jaringan iklan tersebut akan menampilkan iklan secara otomatis untuk pengunjung blog berdasarkan konteks artikel dan minat pengguna.

Meski begitu perlu diketahui bahwa pendapatan masing-masing blog lewat Adsense tidaklah sama. Selain faktor niche, pendapatan blog lewat jaringan iklan tersebut juga akan dipengaruhi kualitas trafik, demografi pengunjung, dan masih banyak lagi.

2. Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah salah satu cara paling menguntungkan untuk menghasilkan uang dari blog yang sudah memiliki trafik. Hal ini bahkan lebih menguntungkan dari Adsense karena satu klik pada link afiliasi sukses bisa bernilai lebih besar dari iklan dari Adsense.

Maka tidak heran bila affiliate marketing jadi salah satu cara mendapatkan uang paling populer di kalangan blogger. Enaknya lagi, cara monetasi blog ini bisa digunakan bersamaan dengan meode lainnya.

Untuk melakukannya, daftar terlebih dahulu di website penyedia program afiliasi sesuai niche blog. Setelah itu dapatkan link unik dari produk yang akan dipromosikan lalu sematkan di blog atau bagikan melalui sosial media.

Ketika seseorang melakukan pembelian dari link afiliasi tersebut, maka afiliator akan mendapatkan komisi yang sangat besar dari total penjualan.

Di Indonesia sendiri ada cukup banyak situs yang menyediakan program afiliasi, seperti;

  • Situs e-commerce seperti Lazada, Shopee, Zalora, atau Tokopedia
  • Hosting website seperti Niagahoster, IDCloudhost, atau JagoanHosting
  • Layanan VPN seperti NordVPN, ExpressVPN, atau SurfShark

Di luar itu, kita juga bisa mencari berbagai macam program afiliasi dengan mencari "nama niche + afiliasi" di Google.

3. Konten Berbayar

Konten berbayar/bersponsor, posting blog, atau ulasan bisa menjadi cara yang bagus untuk menghasilkan uang di blog. Sederhananya, posting blog bersponsor adalah postingan yang dibuat oleh blogger sebagai bentuk permintaan klien dengan imbalan tertentu.

Kebanyakan brand akan meminta blogger untuk membuat artikel berupa ulasan produk, rekomendasi, atau artikel tentang layanan atau perusahaan dengan tautan ke halaman web mereka.

Cara terbaik untuk memulai posting blog bersponsor adalah dengan mencantumkan info tersebut di halaman "About Us" atau "Kontak". Selain itu job ini juga bisa didapat dengan cara mendaftar ke jaringan yang menghubungkan sponsor dan penerbit seperti SOSIAGO atau RajaBacklink.

4. Menjual Produk Digital

Menjual produk digital sendiri bisa menjadi cara yang bagus untuk menghasilkan uang lewat blog. Faktanya, sebagian besar blogger top menjual produk mereka sendiri seperti eBook.

Produk digital seperti eBook memiliki banyak keunggulan dan menarik untuk dijual ke banyak pembaca blog jika dibuat dengan nilai plus sesuai niche blog.

Produk digital seperti ini bisa dijual langsung di blog, meski tidak ada salahnya juga bila pengunjung diarahkan ke situs online store terpercaya seperti Tokopedia, Shopee, atau BukaLapak.

Contoh blog yang menghasilkan uang lewat blog dengan menjual produk sendiri

Bila tertarik untuk membuatnya, ada banyak pilihan produk digital yang bisa dijual melalui blog, seperti:

  • Ebook
  • Stok foto/video
  • Audio (Jingles, Nada Dering, Efek suara)
  • Model 3D
  • Template blog
  • Tema/plugin WordPress
  • Elemen grafis
  • Preset Lightroom/Photoshop

Bila tidak bisa membuat produk digital sendiri, jangan khawatir karena hal-hal seperti ini bisa dilakukan menggunakan jasa tenaga lepas yang bisa banyak dicari di situs freelance lokal seperti Sribu atau Projects.co.id.

5. Menawarkan Kursus Online

Selain produk digital, hal lain yang tidak kalah menarik dan bisa ditawarkan melalui blog adalah kursus online. Apalagi sekarang orang lebih senang dengan penjelasan dalam bentuk video, webinar, atau tutorial lain di mana mereka bisa berhubungan langsung dengan narasumber.

Bila blog sudah dikenal pada niche tertentu, hal ini bisa menjadi peluang monetasi yang tidak boleh dilewatkan.

Materi yang ada pada blog bisa dikumpulkan dalam bentuk ebook atau dibuatkan ilustrasi agar menjadi video yang menarik. Beberapa materi yang dibahas secara mendalam bisa dijadikan materi berbayar atau masuk ke dalam kursus online yang ditawarkan.

6. Donasi

Donasi bisa jadi cara lain untuk menghasilkan uang melalui blog. Dengan menyediakan layanan donasi, pemilik blog bisa mendapatkan uang dari pembaca yang tertarik dengan artikel yang mereka baca.

Cara menerima donasi di blog pun bisa dilakukan dengan mudah. Platform blogging seperti Wordpress pun menyediakan plugin agar pemilik blog bisa mengoleksi donasi dari para pengikutnya. Jika ingin menggunakan layanan pihak ketiga. Patreon adalah salah satu opsi yang populer.

Meski begitu cara ini mungkin tidak bisa diterapkan pada sembarang blog. Blog harus memilki keunikan sendiri dan menawarkan sesuatu yang menarik, sekaligus berbeda dari blog lainnya. Donasi pun umumnya hanya dilakukan satu kali dan sulit untuk menjadi pemasukan bulanan tetap bagi pemilik blog.

7. Jual Beli Blog

Selain menjual produk digital atau jasa, cara lain untuk mendapatkan uang dari blog adalah dengan menjualnya. Semakin baik metrik sebuah blog, maka semakin tinggi pula harga julanya.

Blog sendiri cukup banyak dicari, terutama bagi mereka yang tidak mau repot dengan setup dan menginginkan blog yang sudah berjalan. Beberapa orang lainnya membutuhkan blog sebagai PBN untuk membantu mendongkrak performa web utama mereka.

Apapun alasannya, blog akan tetap memiliki peminat. Pastikan blog diurus secara serius seperti blog pada umumnya. Selain itu gunakan teknik SEO agar performa blog meningkat dan bisa tampak lebih menarik di mata pembeli blog.


Itulah dia beberapa cara mendapatkan uang dari blog yang bisa dicoba. Selama memiliki trafik yang memadai, blog bisa menghasilkan uang dengan berbagai metode, mulai dari iklan, affiliate marketing, hingga donasi. (NVSEMMA.blogspot.com)

Post a Comment

Previous Post Next Post