6 Cara Menghasilkan Uang dari Instagram

Cara Menghasilkang Uang dari Instagram - Dengan jumlah pengguna yang masif, Instagram jadi lebih dari sekadar jadi media sosial yang bisa membuat orang saling terhubung. Banyaknya cara menghasilkan uang dari Instagram kini membuatnya jadi salah satu platform yang bisa mendatangkan keuntungan.

Selain memanfaatkannya untuk jual-beli barang, Instragram pun bisa mendatangkan keuntungan jika pemiliknya memiliki jumlah followers yang banyak. Peluang bisnis punakan terbuka lebar jika akun tersebut juga memiliki tingkat interaksi yang tinggi.

Jadi, bagi pemilik akun Instagram yang memiliki kriteria tersebut, berikut adalah beberapa cara monetasi instagram yang bisa dicoba.

Cara Menghasilkan uang Lewat Instagram

1. Menjadi Influencer/Selebgram

Menghasilkan uang lewat instagram dengan menjadi influencer

Pemilik akun dengan followers yang banyak bisa mulai menghasilkan uang dari Instagram dengan mempromosikan merek dan bisnis. Kini, semakin banyak orang yang mempercayai rekomendasi dari mulut ke mulut dibandingkan metode periklanan tradisional. Jadi, brand membayar biaya kepada Influencer untuk disebutkan dalam postingan bersponsor.

Ini adalah strategi yang sama-sama menguntungkan jika dimanfaatkan dengan benar. Influencer mendapat peluang untuk menghasilkan pendapatan dan memberikan nilai tambah kepada pengikutnya, sementara brand berkesempatan untuk menjangkau khalayak yang lebih luas. Semakin besar pengikut yang dimiliki, umumnya semakin banyak pula besarnya bayaran untuk kemitraan semacam itu.

Meski begitu pastikan kita hanya mempromosikan produk dan layanan yang sudah terjamin. Selain itu, jangan memprioritaskan monetisasi secara membabi buta, dan jangan mengirim spam ke followers dengan postingan bersponsor.

Dengan cara seperti ini, tidak jarang pemilik akun Instagram bisa mendapatkan kemitraan jangka panjang dan mulai mendukung sebuah merek dan menjadi duta merek (ambassador) tersebut.

2. Menjual Produk/Jasa

Instagram adalah tempat yang tepat untuk mempromosikan produk dan layanan milik pemiliknya. Sudah bukan rahasia jika ada banyak orang yang menggunakan platform ini untuk mencari tahu apa yang sedang tren dan melihat produk dan layanan baru. Jadi mengapa tidak memanfaatkan tren ini untuk keuntungan kita sendiri dan mempromosikan layanan dan produk yang kita miliki?

Instagram sendiri tampaknya cocok untuk ini karena beberapa alasan berikut:

  • Sifat visual platform memungkinkan menampilkan produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Postingan Instagram yang menarik membuat proses berbelanja menjadi lancar dan mudah.
  • Kita dapat menggunakan hashtag membantu mempopulerkan produk/jasa, dan mendapatkan konten dan ulasan dari pengguna.

3. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah strategi pemasaran di mana afiliasi dibayar oleh pengiklan untuk mempromosikan produk atau layanan dan mengarahkan lalu lintas ke situs web pengiklan. Strategi ini cocok untuk Instagrammer dengan audiens yang besar dan setia karena strateginya mirip dengan rekomendasi dari mulut ke mulut dan didasarkan pada kepercayaan.

Untuk mulai menghasilkan uang sebagai afiliasi, kita perlu bergabung dengan situs affiliate marketing indonesia, misalnya, Tokopedia, Shopee, Lazada, Ratakan, dll.

Sejujurnya, Instagram tidak terlalu ramah afiliasi karena platform ini tidak mengizinkan tautan ditambahkan ke postingan dan Story (kecuali memiliki lebih dari 10.000 pengikut) dan tingkat persaingannya sangat tinggi. Meskipun demikian, pemasaran afiliasi adalah salah satu strategi menghasilkan uang paling menguntungkan di platform ini. Ini karena tingkat keterlibatannya sangat tinggi dan Instagrammer sering menggunakan aplikasi ini sebagai mesin pencari untuk menemukan produk baru.

Strategi affiliate marketing lain yang bisa dicoba adalah dengan membuat situs web sendiri dan mengarahkan lalu lintas Instagram kita ke sana. Dengan begitu kita dapat menggunakan alat afiliasi yang berbeda di situs web kita sendiri, termasuk spanduk dan widget. Kita bahkan bisa menggunaan tools tracking untuk melihat seberapa berhasil konversi yang bisa didapat dari sebuah link afiliasi.

4. Menawarkan Jasa Marketing Sosial Media

Marketing di media sosial mungkin tampak mudah. Namun, hanya mereka yang memiliki keahlian yang mampu mengatasi melakukannya dnegan optimal dan memberikan hasil yang lebih baik. Jadi, jika kita ahli dalam pemasaran media sosial, mengapa tidak memonetisasinya dan mulai membantu orang lain mencapai upaya pemasaran mereka di platform ini?

Meski begitu memulai jasa ini mungkin akan cukup sulit di awal sampai kita mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. Salah satu cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan menawarkan beberapa konten berharga secara gratis untuk menggaet lebih banyak calon peminat.

5. Menawarkan Jasa Konten

Menjual jasa konten IG untuk mendapatkan uang dari instagram

Posting di Instagram memang bisa dilakukan siapa saja melalui foto hp, bahkan tanpa mencantumkan caption atau memakai hashtag. Namun bagi yang ingin tampil menonjol di platform tersebut, membuat konten yang lebih berkualitas dengan caption yang memikat jadi hal yang wajib dibeirkan perhatian lebih.

Sayangnya tidak semua orang punya kemampuan untuk melakukan keduanya, makanya jasa pembuatan konten untuk Instagram menjadi salah satu hal yang banyak dicari. Bagi yang memiliki skill semacam ini, memasarkannya kepada para influencer yang membutuhkan bisa jadi salah satu cara untuk mendapatkan uang lewat Instagram.

6. Menjadi Admin Instagram

Manajer Instagram biasanya bertanggung jawab untuk mempromosikan akun, meningkatkan pengikutnya, membuat konten yang menarik, mengatur kontes dan hadiah, menyiapkan iklan berbayar, berkomunikasi dengan pengikut, dll.

Saat ini, Instagram sedang booming dan banyak bisnis ingin hadir di platform tersebut. Kebanyakan dari mereka sangat ingin mengembangkan pemasaran media sosial, jadi jika Anda mau, manfaatkan tren ini.


Pasar yang besar membuat Instargam jadi lahan potensial bagi pencari keuntungan. Selain memanfaatkan jumlah followers yang besar untuk memikat brand, masaih ada banyak cara menghasilkan uang dari Instagram yang patut dicoba. (NVSEMMA.blogspot.com)

Post a Comment

Previous Post Next Post