7 Cara Mempromosikan Affiliate Marketing

Cara Mempromosikan Affiliate Marketing - Untuk menghasilkan uang lewat affiliate marketing, kamu harus berupaya menarik pembeli. Untuk melakukannya, kamu bisa menempatkan tautan atau alat afiliasi lainnya (misalnya, spanduk) pada media yang sesuai.

Bicara cara mempromosikan affiliate marketing, tugas kamu tidak hanya menarik lalu lintas sebanyak mungkin, tetapi juga mendapatkan trafik berkualitas tinggi, karena berapa banyak penjualan yang kamu dapatkan pada akhirnya bergantung pada kualitas lalu lintas tersebut, bukan dari ukuran audiens kamu.

Saat mempromosikan tautan afiliasi, kamu harus mempertimbangkan di mana pelanggan potensial kamu dapat ditemukan. Ada banyak tempat seperti itu di Internet (baik gratis maupun berbayar), jadi kamu pasti bisa menemukan lokasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Cara mempromosikan link afiliasi

Di Mana Saya Bisa Meletakan Link Afiliasi?

1. Website atau Blog

Trafik organik dari hasil pencarian Google dan mesin pencari lain adalah cara utama yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan dan meletakan link afiliasi. Untuk melakukannya, kamu tentu harus memiliki website atau blog terlebih dahulu. Setelah itu isi dengan konten SEO lalu promosikan dan tarik trafik ke website.blog kamu sebanyak-banyaknya.

Dibanding cara lainnya, penggunaan website atau blog dan mendapatkan trafik melalui cara organik adalah cara terbaik untuk mendapatkan passive income karena trafik akan datang terus-menerus dan meningkatkan potensi pendapatan kamu lewat affiliate marketing.

Sayangnya cara ini juga bukan yang paling mudah karena kata kunci yang potensial juga memiliki tingkat kompetisi yang sangat ketat. Jadi kamu tidak hanya bisa bergantung pada konten SEO saja, tapi juga digital marketing serta langkah-langkah SEO lainnya.

2. Platform Publikasi

Jika kamu tidak ingin membuat website atau blog sendiri, ada cara lain untuk mempromosikan link afiliasi melalui konten dengan mempublikasikannya di platform blogging gratis seperti Medium, Ghost, atau Steemit.

Platform publikasi sepserti ini memiliki beberapa keunggulan dibanding membuat website sendiri. Salah satunya adalah trafik tinggi yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan audience dengan cepat. Selain itu situs seperti ini juga sudah sangat Google-friendly sehingga artikel kamubisa muncul di halaman pencarian mesin pencari lebih mudah.

Meski begitu situs seperti ini juga memiliki beberapa kekurangan. Sebagai contoh, beberapa platfom mungkin tidak mengizinkan kamu menempelkan link afiliasi, meski kamu bisa meletakan link nofollow ke postingan kamu. Jadi pastikan kamu membaca kebijakan mereka sebelum mulai memposik artikel afiliasi kamu.

3. Forum

Forum adalah tempat komunitas berkumpul untuk membahas satu topik yang mereka sukai. Karena itulah kamu bisa menemukan berbagai macam forum dengan beragam topik yang bisa kamu manfaatkan untuk menempelkan link afiliasi kamu.

Untuk mencarinya, kamu hanya perlu mencarinya lewat Google dan mulailah aktif pada forum tersebut. Agar promosi link kamu lebih efektif, ada baiknya jika kamu benar-benar fokus membantu masalah orang lain terlebih dahulu agar user lain menaruh kepercayaan terhadapmu.

Jika kamu memiliki reputasi yang baik, promosi link afiliasi di forum akan jauuh lebih efektif dan menghasilkan click rate yang lebih tinggi dibanding mereka yang sekadat membombardir forum dengan promosi afiliasi saja.

4. Situs Tanya Jawab

Selain forum, kamu juga bisa memanfaatkan situs tanya jawab seperti Quora untuk mempromosikan link afiliasi kamu. Pada situs kamu bisa memberikan solusi pada sebuah pertanyaan sekaligus menempelkan link afiliasi yang sekiranya dapat membantu pembaca untuk menyelesaikan masalah mereka.

Sama seperti forum dan platform publikasi, situs tanya jawab juga umumnya sudah memiliki trafik dan lebih mudah terindeks Google. Jadi jawaban akan pertanyaan kamu tidak hanya bisa mendapatkan trafik dari user Quora, tapi juga melalui hasil pencarian Google.

Meski begitu kamu juga perlu berhati-hati dalam mempromosikan link afiliasi kamu. Jangan sampai aktivitas kamu dianggap spamming oleh Quora.

5. Sosial Media

Sosial media kini lebih dari sekadar platform untuk saling berhubungan dan berkomunikasi saja. Jika kamu adalah pegiat afiliasi, maka sosial media dan trafiknya yang luar biasa besar adalah tempat yang tepat untuk mempromosikan link afiliasi kamu.

Facebook, Twitter, dan Instagram, adalah platform sosmed yang paling populer. Keempatnya pun memiliki aturan penempatan link afiliasi yang tidak terlalu ketat selama kamu tidak melakukan spamming.

Agar promosi afiliasi kamulebih sukses di sosial media, pastikan kamu membangun audience yang memiliki kecenderungan sesuai dengan produk afiliasi yang akan kamu pasarkan. Sebagai contoh, kamu yang mempromosikan produk SEO bisa membangun audience yang peduli dengan masalah itu. Atau jika kamu mempromosikan link afiliasi tiekt pesawat, kamu bisa membangun audience dan banyak memposting konten seputar traveling.

6. Video Platform

Format yang akhir-akhir ini sangat populer adalah video, termasuk video pendek (short atau reel). Ini juga merupakan cara yang bagus untuk mempromosikan tautan afiliasi. Platform video yang bisa kamu gunakan adalah Youtube, Tiktok, serta Twitch.

Salah satu cara untuk menggunakannya adalah dengan merekam ulasan produk atau video apa pun di mana kamu bisa mempromosikan barang atau jasa afiliasi. Dalam hal video, tidak selalu mungkin untuk menambahkan tautan langsung ke video (misalnya, sebagai tooltip), tetapi kamu dapat menambahkan tautan afiliasi ke deskripsi video serta deskripsi saluran kamu.

Metode alternatif untuk mempromosikan tautan afiliasi di platform video dapat berupa kode promo. Beberapa merek menyediakan kode promo untuk blogger populer. Berkat itu audiens kamu bisa menerima diskon dan kamu akan menerima komisi afiliasi, karena menggunakan kode promo akan memungkinkan merek untuk mengetahui dengan tepat siapa yang menarik pelanggan mana.

7. Video Tutorial

Membuat video tutorial juga bisa jadi cara efektif untuk mempomosikan link afiliasi. Kamu pun bis amembuat video latihan apa saja yang sesuai dengan link afiliasi yang akan kamu promosikan. Dalam video kursus, kamu bisa merekomendasikan produk yang telah terbukti kepada siswa dan beriklan kepada mereka menggunakan tautan afiliasi.

Setelah video selesai dibuat, kamu bisa mempromosikan materi pelatihan tersebut melalui beberapa platform populer seperti Udemy, Coursera, atau Skillshare. Bonus bagus dari pendekatan ini untuk mempromosikan tautan afiliasi adalah kamu dapat mengenakan biaya untuk kursus untuk mendapatkan uang dengan menjual kursus itu sendiri.


Itulah dia beberapa cara mempromsikan link afiliate marketing yang bisa kamu coba. Agar lebih efektif, link afiliasi akan lebih berguna bila ditempatkan di tempat yang sesuai dengan niche pasar yang kamu incar. Semakin banyak orang yang mencarinya, tentu potensi klik akan semakin besar, begitu pula dengan pendapatan kamu lewat link afiliasi tersebut. (NVSEMMA.blogspot.com)

Post a Comment

Previous Post Next Post