Sejarah Dogecoin

Sejarah Dogecoin - Dogecoin adalah salah satu misteri di dunia cryptocurrency. Mata uang kripto ini bisa menjadi sangat populer di saat koin digital lainnya 'serius' menggarap proyek mereka. Alih-alih, koin yang dianggap sebagai meme ini malah berhasil mencapai kapitalisasi pasar saat ini sebesar $360 juta.

Masalah ini tentu menimbulkan banyak tanya bagi pegiat kripto di seluruh dunia. Veteran di dunia kripto bahkan sulit menjelaskan fenomena ini dan mungkin tidak ada yang memprediksi kalau Dogecoin akan melesat dan menjadi salah satu altcoin terbaik.

Karena itulah, menarik untuk membahas sejarah Dogecoin dan mengikuti perjalanannya hingga sepopuler sekarang ini.

Sejarah Dogecoin

Sejarah Dogecoin, Berawal dari Meme

Dogecoin pertama kali muncul di dunia crypto pada bulan Desember 2013. Bitcoin mengalami peningkatan drastis, dengan puncaknya di 1200-an Dollar.

Ini membuat cryptocurrency menjadi topik hangat dan muncullah gelombang minat dari masyarakat umum, termasuk Jackson Palmer dan Billy Markus.

Jackson adalah seorang manajer produk Adobe dan hanya ingin membuat lelucon. Dia ingin mengolok-olok semua jenis crypto yang bermunculan dan melempar ide "Dogecoin" berdasarkan meme Shiba Inu yang populer.

Billy Markus lalu mengambil ide itu dan menganggapnya jenius. Dia menjangkau Jackson, dan keduanya memutuskan untuk mengubahnya menjadi crypto sunguhan.

Mereka mengambil Litecoin, membuat fork, memberikan waktu kecepatan blok yang lebih cepat, dan lahirlah blok pertama Dogecoin.

Meski awalnya hanya dianggap leluceon semata, Dogecoin dengan cepat menjadi viral. Harganya melonjak dari sekitar 2/100 sen hingga hampir 20/100 sen, meningkat 10 kali lipat!

Komunitas yang ramah adalah salah satu hal yang membuat Dogecoin cepat populer.

Di saat komunitas mata uang kripto lainnya bisa cukup ekstrim, komunitas Dogecoin justru menyambut pengguna baru ke dalam keluarga "shibe".

Grup Dogecoin di Reddit adalah salah satu yang terbesar dan paling aktif. Di situs pengguna terus-menerus "memberi tip" satu sama lain dengan koin dan sponsor grup terjadi tanpa henti. Subreddit ini bahkan mensponsori balapan NASCAR yang sangat bergengsi.

Dogecoin sebagai sponsor balapan NASCAR
Dogecoin menjadi bagian dari sponsor balapan NASCAR (Sumber: TheDrive.com)

2014 – 2016, Penurunan Dogecoin

Meski Dogecoin mengalami banyak aktivitas pengguna, harganya justru perlahan mulai menurun. Harga Dogecoin mulai runtuh setelah Februari 2014 dan turun ke level terendah kurang dari 1/100 sen pada titik terburuknya di Q2 2015.

Banyak yang berpikir hal ini akan menjadi akhir dari cerita Dogecoin, ternyata ada kejadian yang tidak disangka-sangka

Meski sebagian besar penggunanya pergi, ternyata cukup banyak pula yang acuh. Umumnya mereka tertarik pada Dogecoin karena kesenangan memiliki koin tersebut. Jadi bukan karena keuntungan, tapi karena kekonyolan koin dengan memenya yang membuat heboh internet

Selain itu memiliki Dogecoin juga membuat mereka merasa jadi bagian dari komunitas yang ingin membantu orang lain, bukan mengambil keuntungan dari mereka. Kasus paling nyata adalah ketika mereka berhasil mengumpulkan 30 ribu Dollar untuk mensponsori tim Bobsled Jamaika.

Jadi, ketika banyak altcoin melemah dengan harga yang jatuh, komunitas Dogecoin bertahan dengan memegang mantra 1 DOGE = 1 DOGE.

2017 – Sekarang, Kebangkitan DogeCoin

Penantian itu akhirnya membuahkan hasil. Bitcoin meledak dan mengalami peningkatan harga yang sangat luar biasa pada akhir 2016 hingga 2017. Hal ini pun secara tidak langsung ikut membuat minat ke altcoin lainnya meningkat.

Meski banyak altcoin dari era 2013-2014 yang tidak lagi memiliki komunitas yang solid, Dogecoin justru hadir dengan tangan terbuka dan pengguna yang ramah, seperti biasa.

Dogecoin mengalami lonjakan awal pada 2017 menjadi hampir 40/100 sen, kemudian membuat lompatan yang lebih besar lagi untuk memulai 2018 dan melewati angka 1 sen. Selama beberapa hari, 1 DOGE bernilai lebih dari 1 sen USD.

Bagi banyak orang, ini mungkin terlihat biasa saja. Tetapi bagi mereka yang memahami sejarah Dogecoin dan dari mana asalnya, itu luar biasa.

Hal yang luar biasa bahkan terjadi pada awal tahun 2021 di mana harga Dogecoin meningkat di atas 300% setelah cuitan Elon Musk di Twitter. Dogecoin pun mencatatkan harga tertinggi mereka pada Mei 2021 di harga 65/100 sen.

Grafik harga Dogecoin hingga Januari 2023

Sayangnya harga Dogecoin ikut-ikutan jatuh seiring penurunan harga Bitcoin. Pada Januari 2023 harganya bahkan hanya tinggal 8/100 sen saja. Meski begitu harga ini masih lebih tinggi dibanding masa kelam mereka di era 2014.

Lalu bagaimana pendapat komunias Dogecoin? Sama seperti biasa, mereka terus menikmati Dogecoin seperti apa adanya. Dengan konsep yang tidak seserius altcoin lainnya, bukan tidak mungkin mata uang kripto ini akan bertahan paling lama dibanding yang lainnnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post