9 Tips dan Trik Affiliate Marketing yang Harus Dicoba

Tips dan Trik Affiliate Marketing - Affiliate marketing adalah sebuah cara mendapatkan online income yang bisa dilakukan dengan mempromosikan produk atau jasa.

Saat mendaftar, pelaku afiliasi akan mendapatkan link referal unik. Saat ada yang mengklik link tersebut dan melakukan transaksi, pemilik link akan mendapatkan komisi senilai beberapa persen dari total pembelian yang dilakukan pengunjung.

Affiliate marketing sendiri menjadi cara monetasi populer. Beberapa kelebihan program afiliasi antara lain mudah, tidak terikat kontrak, komisi yang besar, serta bisa dimulai tanpa modal dan tanpa melakukan stok barang.

Meski begitu tentu tidak mudah untuk bisa berhasil di affiliate marketing. Untuk mengoptimalkan keuntungan, berikut adalah beberapa tips dan trik affiliate marketing yang bisa dicoba.

Tips dan trik affiliate marketing untuk meningkatkan pendapatan afiliasi

1. Memilih Niche yang Menguntungkan

Secara sederhana, niche atau ceruk adalah istilah untuk kategori produk atau layanan. Misalnya, jika kita sering membuat artikel mengenai komputer, maka secara umum blog akan ada pada niche komputer atau teknologi.

Niche sendiri akan berpengaruh besar terhadap pendapatan online karena masing-masing pengiklan memiliki budget masing-masing untuk bisa bersaing di niche mereka.

Karena itulah, memilih niche jadi langkah krusial sebelum memutuskan untuk mengikuti program afiliasi. Kita harus bisa memilih niche yang tidak hanya kita suka atau kuasai, tapi juga menguntungkan.

Meski begitu, tidak ada salahnya bila pemula memilih niche yang sesuai dengan kemampuan atau memang sedang diminati.

Kesampingkan dulu masalah keuntungan karena bersaing di niche yang terlampau ketat akan cukup sulit. Lagipula melakukan sesuatu yang disenangi akan membuat usaha kita lebih effortless.

2. Memilih Produk yang Tepat

Setelah memilih niche, kita bisa mencari situs afiliasi sesuai topik di internet. Meski begitu jangan sembarangan untuk memilih produk, dan lakukanlah riset terlebih dahulu.

Produk afiliasi yang tepat bukan hanya produk yang bisa mendatangkan keuntungan paling besar. Sebagai afiliator kita juga harus jeli dalam melihat manfaat produk yang sesungguhnya.

Cek review untuk melihat pengalaman pengguna sebelumnya. Akan lebih baik lagi bila kita bisa mencobanya sendiri.

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah memeriksa kelengkapan tools yang disediakan pihak penyedia layanan afiliasi. Akan sangat baik bila mereka sudah menyediakan berbagai media seperti script, template teks, gambar, atau bahkan video penjelasan lengkap.

3. Kuasai Produk

Meski tidak ada kewajiban untuk membelinya terlebih dahulu, akan sangat dianjurkan bagi affiliate marketer untuk mencoba produk atau jasa afiliasi terlebih dahulu sebelum mempromosikannya kepada orang lain.

Dengan menguasai seluk-beluk produk afiliasi, kita akan selangkah lebih unggul dibanding affiliate marketer yang mempromosikan produk yang sama.

Selain itu kita pun akan mendapatkan kredibiltas lebih karena semua pertanyaan dan masalah seputar produk bisa dijawab dengan cepat dan jelas.

4. Menulis Konten yang Berkualitas

Di atas kertas, komisi dari afiliasi bisa diraih dengan mudah setiap kali ada pengunjung yang mengklik link afiliasi di blog kita.

Sayangnya hal tersebut tidak semudah tulisan di atas!

Agar pengunjung mau mengklik link afiliasi, atau bahkan membaca artikel blog kita, maka harus ada syarat yang harus dipenuhi. Salah satu yang paling penting adalah konten yang berkualitas.

Melalui konten, affiliate marketer bisa membagikan informasi mendalam mengenai sebuah produk atau jasa. Affiliate marketer pun bisa membagikan pengalamannya dan meningkatkan kredibiltas mereka dengan review yang mereka buat.

Konten yang berkualitas dan dibuat sesuai kaidah SEO akan memudahkan pemilik blog untuk meletakan konten mereka di halaman pertama Google. Bila hal itu terjadi, tidak sulit untuk mendapatkan banyak komisi afiliasi melalui link yang ditanam pada artikel tersebut.

5. List Building

List building adalah salah satu tools affiliate marketing terbaik yang bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan pendapatan. Dengan mengumpulkan daftar email dari pengunjung, kita bisa mempromosikan produk secara eksklusif kepada pembaca setia blog kita.

Adanya list building juga memastikan kita tidak bersaing secara langsung dengan affiliate marketer yang memasarkan produk yang sama. Kita pun bisa memberikan informasi atau mempromosikan produk afiliasi baru melalui daftar email yang dimiliki.

Lagipula, meyakinkan orang lain yang sudah secar sukarela mendaftarkan email mereka pada newsletter kita tentu akan lebih mudah dibanding harus meyakinkan orang baru untuk membeli produk afiliasi yang kita promosikan bukan?

6. Diversifikasi Produk Afiliasi

Sama seperti investasi, ada baiknya jika kita tidak bergantung pada income dari satu sumber saja. Jadi pastikan kita memiliki beberapa produk afiliasi yang bisa direkomendasikan sebagai langkah diversifikasi.

Memasarkan beberapa produk afiliasi sekaligus adalah langkah yang tepat untuk memastikan kita mendapatkan penghasilan yang optimal dari affiliate marketing.

Sebagai contoh, situs yang banyak membahas website bisa meletakan beberapa link afiliasi hosting sekaligus. Jadi ketika pengunjung menyukai salah satunya, kita tetap akan mendapatkan sesuatu.

7. Bagikan Kupon Diskon

Beberapa program afiliasi memberikan tools berupa diskon tambahan bagi pengunjung. Jadi tidak hanya affiliate marketer saja yang untung, pengunjung pun bisa mendapatkan diskon tambahan saat membeli melalui link referal yang diberikan.

Kupon diskon sendiri tidak mengubah harga asli produk afiliasi. Dengan begitu hal ini bisa menjadi daya tarik agar affiliate marketer bisa mendapatkan lebih banyak pembeli yang bertransaksi melalui link afiliasi mereka.

8. Promosikan di Tempat yang Tepat

Tips dan trik selannjutnya adalah memastikan kamu mempromosikan link afiliasi di tempat yang tepat. Pilihan yang paling utama adalah website atau blog kamu. Selain tempat tersebut, forum, sosial media, serta platform video seperti Youtube adalah tempat lain di mana kamu bisa mempromosikan link afiliasi kamu.

9. Pantau Afiliasi dan Atur Ulang Strategi Marketing

Setelah melakukan semua hal di atas, penting bagi affiliate marketer untuk terus memantau performa mereka.

Saat link tak juga diklik pengunjung, kita bisa menganalisa hal yang bisa ditingkatkan. Pun ketika link afiliasi sudah meraih trafik yang konsisten, kita bisa mencoba strategi baru untuk meningkatkan performa dan memperbesar keuntungan dari afiliasi.


Itulah dia bebrapa tips dan trik affiliate marketing yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pendapatan melalui program afiliasi. Dengan banyaknya saingan afiliator yang mempromosikan produk yang sama, kita tentu harus bekerja ekstra agar bisa jadi yang teratas. (NVSEMMA.blogspot.com)

Post a Comment

Previous Post Next Post