7 Tools Afiliate Marketing Terbaik

Tools Affiliate Marketing Terbaik - Affiliate marketing menjadi semakin populer selama beberapa tahun terakhir karena memungkinkan bisnis untuk memasarkan produk tanpa harus berinvestasi dalam kampanye iklan berbayar yang mahal.

Untuk pembuat konten, affiliate marketing bisa menjadi cara yang bagus untuk menghasilkan uang lewat blog. Caranya pun mudah dan bisa dilakukan tanpa perlu membayar terlebih dahulu.

Untuk mengoptimalkan pemasukan, kita bisa memanfaatkan tools affiliate marketing. Alat-alat ini dapat membantu kita untuk meneliti niche, mencari kata kunci potensial, membuat strategi, hingga melacak kampanye pemasaran afiliasi.

Tools affiliate marketing terbaik

1. Wordpress + Niagahoster

Tools affiliate marketing yang pertama adalah WordPress. Perangkat lunak open source ini dapat digunakan untuk membuat blog, menambahkan konten, dan menyematkan link afiliasi. Dibandingkan platform blogging lainnya, plugin dan tema WordPress yang tersedia akan sangat membantu kita untuk promosi konten afiliasi.

Sebagai contoh, ada plugin yang bisa membantu membuat landing page dengan mudah. Selain itu ada juga plugin untuk membuat tabel perbandingan produk, dan bahkan membuat formulir email newsletter. Bahkan ada juga plugin yang dapat membantu mengintegrasikan layanan lain untuk meningkatkan tingkat konversi dan menghasilkan lebih banyak penjualan melalui afiliasi.

Untuk membangun blog WordPress, kita harus terlebih dahulu membeli hosting web dan nama domain. Di Indonesia, Niagahoster adalah salah satu yang terbaik. Di sini tersedia berbagai macam hosting berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau.

Paket hosting + nama domain dibandrol mulai dari 20 ribu-an saja per bulannya. Harga sewa yang sangat murah dibanding benefit yang bisa didapat melalui afiiliate marketing.

2. Ubersuggest

Setelah membuat blog, langkah selanjutnya adalah menerapkan dan meningkatkan skor SEO blog tersebut. Untuk membuatnya lebih mudah, ada tools seperti Ubersuggest yang bisa kita gunakan.

Ubersuggest adalah alat hebat yang bisa dipakai untuk menemukan kata kunci yang menguntungkan. Tidak cuma itu, Semrush pun bisa dipakai untuk melihat berapa banyak lalu lintas yang didapat setiap kata kunci, seberapa kompetitif kata kunci tersebut, dan banyak lagi. Informasi ini dapat membantu memilih kata kunci yang tepat untuk ditargetkan dalam kampanye pemasaran afiliasi.

Peran penting Ubersuggest lainnya adalah untuk membantu user melihat pesaing SEO lainnya. Di sini user dapat melihat kata kunci yang dirajai oleh sebuah website, serta melihat semua backlink yang didapat oleh website tersebut. Hal ini bisa sangat membantu pemilik blog untuk menyalin strategi SEO sebuah website dan memperbaikinya agar bisa mendominasi sebuah kata kunci.

Bila ingin mencobanya, Ubersuggest menyediakan akun gratis dengan jumlah pencarian terbatas setiap harinya. Untuk penelitian lebih lanjut, akun berbayarnya ditawarkan mulai dari $29 per bulannya. Harga ini terbilang sangat murah dibanding layanan lain seperti Ahrefs atau Semrush yang dibandrol di atas $100 per bulannya.

3. Pretty Links Plugin

Pretty Links adalah plugin WordPress yang memungkinkan pemilik blog membuat tautan pendek menggunakan nama domain mereka sendiri. Ini adalah alat yang hebat untuk affiliate marketer karena tautan terlihat cantik dan mudah diingat dibandingkan URL asli yang terlihat sangat berantakan.

Tidak cuma itu saja, Pretty Links juga sempurna untuk pemasaran afiliasi karena plugin ini sudah dilengkapi dengan fitur untuk menyamarkan link, menambahkan tag nofollow, dan mengimpor / mengekspor tautan dengan mudah. Selain itu kita pun bisa melihat seberapa banyak jumlah klik yang didapat oleh masing-masing link

Pretty Links sendiri dapat dipakai secara gratis, dan hal ini sudah cukup untuk penggunaan personal. Bila ingin versi berbayar, harganya $99.50 per tahun dengan tambahan fitur seperti berbagai opsi redirect, robot filtering, link afiliasi otomatis untuk keyword tertentu, serta laporan yang lebih detail.

4. MailChimp

Toole afiliasi untuk email marketing MailChimp

MailChimp adalah layanan pemasaran email populer yang memudahkan pembuatan daftar email dan mengirim buletin, pengumuman, dan jenis konten pemasaran email lainnya. Layanan ini juga dapat membantu membuat formulir pendaftaran untuk mengumpulkan alamat email dari pengunjung situs web.

Hal ini penting karena daftar email memungkinkan affiliate marketer untuk tetap berhubungan dengan pembaca dan mempromosikan konten kepada mereka secara langsung. Dan jika butuh bantuan untuk memulainya, Mailchimp menawarkan banyak referensi termasuk tutorial video, panduan cepat, dan postingan blog.

MailChimp sendiri bisa diintegrasikan secara sempurna di blog berbasis Wordpress. Form MailChimp dapat disematkan langsung menggunakan kode HTML, atau melalui plugin. MailChimp bahkan kompatibel dengan kebanyakan plugin form Wordpress.

MailChimp sendiri bisa dipakai gratis untuk 500 subscriber dan 2.500 email perbulannya. Layanan premium mereka dibandrol mulai dari $13 per bulan dengan limit yang lebih besar serta tambahan fitur seperti A/B Testing, menjadwalkan email, menggunakan branding sendiri, hingga asisten untuk mengoptimalkan konten email.

5. Flippa

Bagi affiliate marketer, memiliki blog dengan trafik tinggi akan memastikan mereka untuk memiliki pendapatan yang lebih tinggi. Sayangnya memiliki blog seperti ini tidaklah mudah dan butuh proses yang cukup lama, terutama bagi yang belum berpengalaman.

Untungnya ada cara untuk melewati semua proses itu dengan cara membeli blog jadi. Dengan situs yang sudah berjalan, affiliate marketer bisa langsung mendapatkan blog dengan trafik tinggi, dan tinggal langsung memakai link refereal mereka pada postingan blog tersebut.

Salah satu situs jual beli website terpercaya yang menyediakan blog berkualitas adalah Flippa. Di sini affiliate marketer dapat membeli situs web mapan yang memiliki profil backlink yang kuat dan faktor SEO. Flippa bahkan memungkinkan kita untuk menemukan situs web di niche tertentu yang sudah menghasilkan pendapatan minimum per bulan.

6. Duplichecker

Konten jadi salah satu andalan bagi affiliate marketer yang menambatkan link mereka pada blog. Konten yang berada di halaman terdepan hasil pencarian Google akan mendatangkan trafik yang banyak dan bisa meningkatkan potensi pendapatan lewat afiliasi.

Salah satu ciri-ciri konten berkualitas adalah konten yang unik dan bukan merupakan duplikasi konten yang sudah ada. Menulisnya sendiri bisa menghindari plagiarisme, tapi bila menyewa jasa penulis konten, maka kita harus memeriksanya sendiri agar konten tidak duplikat yang nantinya malah bisa mendatangkan kerugian.

Cara paling cepat untuk memeriksa konten duplikat adalah Duplichecker. Dengan database yang besar, tools gratis ini bisa melihat apakah konten yang akan dipublikasikan memiliki kemiripan dengan konten lain yang sudah ada atau belum.

7. Yoast SEO

Selain tidak terindikasi plagiat, konten affiliate marketing yang berkualitas juga harus memenuhi kaidah SEO yang baik dan benar. Untuk memastikannya, pengguna blog Wordpress bisa menggunakan plugin SEO seperti Yoast.

Dengan plugin ini, penulis dapat membuat artikel SEO berdasarkan kata kunci yang mereka bidik. Setiap artikel yang ditulis nantinya akan dilengkapi dengan checklist sehinga penulis dapat dengan mudah memperbaiki artikel agar sesuai dengan standar SEO.

Tidak cuma itu, Yoast SEO juga memiliki banyak fitur lain yang baik untuk SEO website seperti XML Sitemap, robot.txt dan htaccess editor, schema markup, social media profile, dan masih banyak lagi.

Semua fitur penting Yoast SEO dapat digunakan secara gratis. Versi berbayar dibandrol $99 per tahun dengan fitur tambahan seperti multiple keywords analysis, redirection, link suggestion, hingga akses penuh ke Yoast SEO Academy.


Affiliate marketing adalah cara ampuh untuk mendapatkan uang dari blog. Sebagai affiliate marketer, menggunakan tools tambahan di atas adalah salah satu cara untuk memaksimalkan serta mengoptimalkan penghasilan yang bisa didapat melalui affiliate marketing. Dengan beberapa tools gratis di atas, kita bisa lebih unggul dibanding kompetitor lain dan memiliki strategi yang jelas dalam meraih keuntungan. (NVSEMMA.blogspot.com)

Post a Comment

Previous Post Next Post