7 Ide Konten Website untuk Affiliate Marketing

Ide Konten Affiliate Marketing - Membuat blog dan mengisinya dengan konten berkualitas adalah salah satu strategi affiliate marketing yang ampuh dalam mendatangkan trafik dan meningkatkan pendapatan afiliasi.

Dengan adanya konten affiliate marketing yang bisa diandalkan, maka link afiliasi yang kita tanam akan lebih terekspos dan memiliki potensi lebih besar untuk diklik oleh pengunjung.

Meski begitu membuat konten untuk affiliate marketing bisa cukup membingungkan. Selain review lengkap, pastinya ada ide konten lain yang bisa dibuat bukan?

Sebagai inspirasi, berikut adalah beberapa ide konten affiliate marketing yang bisa coba dipraktikan pada blog atau website afiliasi.

contoh ide konten affiliate marketing

1. Panduan Lengkap (How-To)

Ide konten affiliate marketing yang paling umum adalah panduan lenkap alias tutorial.

Ketika membuat artikel berisi informasi tertentu, tidak ada salahnya untuk menautkan link afiliasi pada artikel tersebut, selama sesuai dengan niche afiliasi.

Panduan lengkap seperti ini sendiri memang menjadi ide konten yang paling ampuh untuk affiliate marketing. Selain memecahkan masalah pengunjung, aritkel panduan seperti ini juga bisa membuka mata pengunjung terhadap produk atau jasa yang bisa mempermudah langkah mereka.

2. Review Produk

Review produk juga jadi ide konten afiliasi yng harus dicoba. Dengan artikel semacam ini, kita bisa memberikan pandangan lengkap kita terhadap sebuah produk.

Review produk semacam ini sendiri bisa jadi artikel pendukung bagi konten afiliasi kita yang lainnya.

Sebagai contoh, review lengkap mengenai HP Realme Narzo 50i bisa jadi pelengkap yang sempurna untuk artikel dengan judul "HP Realme Terbaik di bawah 2 juta."

Selain mampu mendongkrang artikel utama kita, artikel review semacam ini juga bisa menjadi 'gerbang' agar pengunjung mau membaca artikel lain di website kita.

3. Perbandingan Produk

Hal yang paling memusingkan dalam memilih sebuah produk adalah perbandingannya dengan produk kompetitor. Makanya tidak heran jika artikel perbandingan produk menjadi salah satu ide konten afiliasi yang banyak dibuat.

Dengan membandingkan produk secara lengkap, pengunjung bisa melihat produk mana yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan tombol CTA di artikel, pengunjung yang sudah merasa yakin pun bisa langsung melakukan aksi dan melakukan transaksi saat itu juga.

4. Kompilasi Produk

Siapa sih yang tidak suka membaca artikel kompilasi produk? Dibandingkan ide konten afiliasi lainnya, konten mengenai "...terbaik" menjadi primadona dan bahkan jadi artikel pilar yang sangat diutamakan.

Bila berhasil, maka artikel semacam ini bisa mendatangkan pendapatan afiliasi yang sangat menarik. Meski begitu tentu tidak mudah untuk membuatnya, apalagi bersaing di peringkat teratas untuk kata kunci yang populer.

Karena itulah kita perlu strategi khsuus untuk membuat artikel semacam ini. Selain dibuat lebih lengkap dan informatif dibanding kompetitor, artikel tersebut juga harus memiliki artikel pendukung yang sama baiknya.

Tidak ketinggalan, artikel juga harus terus 'disuntik' backlink berkualitas agar reputasinya semakin baik di mata mesin pencari.

5. Daftar/List

Ide konten berupa kompilasi produk sebenarnya bisa masuk dalam golongan artikel daftar/list. Namun pada poin kali ini kita akan merujuk pada artikel list lain yang tidak melulu bicara masalah produk.

Sebagai contoh, kita bisa membuat artikel mengenai "Tips dan Trik Affiliate Marketing" dalam bentuk poin 1, 2, 3 dst.

Pada setiap poinnya kita bisa memberikan penjelasan lengkap, bila perlu sisipkan link afiliasi sesuai dengan tema pembahasan pada poin tersebut.

6. Studi Kasus

Studi kasus adalah ide artikel afiliasi menarik yang membahas performa sebuah produk pada kejadian nyata.

Dengan artikel semacam ini, pengunjung bisa meliht bagaimana sebuah produk bekerja dan manfat apa yang diberikannya secara langsung.

Artikel semacam ini memang sulit dibuat karena kita harus membeli dan mencoba sendiri produk afiliasi yang akan dibahas. Namun hal ini akan sepadan dengan hasilnya karena artikel semacam ini memiliki kredibilitas lebih di mata pembaca dan beda dengan artikel lain yang hanya merangkum saja.

7. Membuat Halaman Resource

Hal ini mungkin tidak lumrah, namun tetap jadi salah satu ide konten afiliasi yang brilian.

Website yang sukses seringkali menjadi role model bagi mereka yang juga ingin membuat website yang serupa.

Pertanyaan seputar tools yang digunakan pun menjadi hal yang umum bagi pemilik website tersebut. Hal ini tentu menjadi peluang untuk mendapatkan penghasilan dari link afiliasi.

Untuk menjawab hal tersebut, pemilik website bisa membuat resource pages berisi tools yang mereka gunakan dalam membuat dan membangun website mereka, mulai dari hosting, plugin, layanan email marketing, dan masih banyak lagi.

Tentu tidak ketinggalan deskripsi singkat yang dilengkapi dengan link afiliasi agar pengunjung yang tertarik bisa langsung menemukan produk yang mereka cari.


Blog adalah salah satu kanal marketing yang baik untuk affiliate marketing. Mallui platform ini kita bisa membuat artikel yang mencantumkan link afiliasi kita.

BIla dilakukan dengan benar, maka potensi link afiliasi untuk diklik pengunjung akan semakin besar. Itu artinya peluang kita untuk mendapatkan penghasilan dari affiliate marketing pun semakin besar juga. (NVSEMMA.blogspot.com)

Post a Comment

Previous Post Next Post